Ekonomi

Momen Menarik Pertemuan Jokowi dan Joe Biden, Toast sampai ‘See You in Bali’

Momen Menarik Pertemuan Jokowi dan Joe Biden, Toast sampai 'See You in Bali'

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi menghadiri pertemuan makan malam yang juga turut dihadiri oleh pemimpin negara-negara ASEAN. Pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden.

Acara tersebut diadakan pada hari Kamis (12/5/2022) malam waktu setempat atau Jumat pagi waktu Indonesia, di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat.

Ketika datang ke lokasi perjamuan, Presiden Joko Widodo disambut langsung oleh Presiden Joe Biden, lalu kemudian bersalaman, melakukan foto bersama, lalu menandatangani buku tamu kenegaraan.

Berikut momen-momen menarik pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Biden. 

Baca Juga:
Isi Buku Tamu Kenegaraan di Gedung Putih, Apa yang Ditulis Presiden Jokowi?

1. Membalas Toast Presiden Biden

Pada saat pertemuan tersebut, Presiden Republik Indonesia berkesempatan membalas toast Presiden Biden. Momen tersebut menjadi sorotan karena momen tersebut menjadi sebuah kehormatan bagi Presiden Joko Widodo.

2. Ucapan Presiden Joko Widodo Saat Toast

Dalam kesempatan toastnya dengan Presiden Biden, Jokowi memberikan pernyataan. Dalam pernyataan pengantar toast tersebut, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa KTT Khusus ASEAN-AS menjadi momentum tepat untuk memperkuat mitra ASEAN-AS ke depannya.

Presiden Jokowi juga menyambut prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif.

Baca Juga:
Bicara soal Arsitektur Kesehatan Global di Depan Presiden AS, Jokowi Sebut Tak Boleh Ada Monopoli dan yang Tertinggal

“Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan,” ujar Presiden Jokowi.

3. Mengisi Buku Tamu Kenegaraan

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo berkesempatan untuk mengisi buku tamu kenegaraan. Buku Tamu tersebut disediakan di Gedung Putih, bagi tamu-tamu yang hadir di Istana Kepresidenan Amerika Serikat tersebut. 

Berdasarkan foto yang diterima oleh Suara.com, terlihat tulisan His Excellency Joko Widodo, President of The Republic of Indonesia. May 12, 2022 di bagian bawah salah satu kertas buku tamu, yang menandakan bahwa kertas buku tamu tersebut diperuntukkan untuk Jokowi.

Dalam buku tamu tersebut, Jokowi menuliskan satu kalimat berbahasa Inggris.

Looking forward to a stronger ASEAN-US partnership,” tulis Presiden Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga menambahkan, “See you in Bali for G20,” sambungnya, dengan membubuhkan tanda tangan serta namanya sebagai Presiden Republik Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top