Ekonomi

Muncul Hepatitis Misterius, Riset Buktikan Covid-19 Bisa Merusak Hati

Muncul Hepatitis Misterius, Riset Buktikan Covid-19 Bisa Merusak Hati

JawaPos.com – Sejak awal Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi, sejumlah ahli menegaskan penyakit ini bukan hanya penyakit pernapasan. Penyakit ini juga dapat menyerang organ lain, salah satunya pencernaan.

Para ahli saat awal pandemi juga menyebutkan Covid-19 dapat menyerang berbagai organ tubuh lainnya. Riset membuktikan bahwa Covid-19 juga dapat menyerang organ hati.

Munculnya kasus hepatitis akut misterius pada anak-anak sebagai pasien dominan membuat organ hati mereka rusak. Para ahli masih meneliti penyebabnya.

Ada yang mengatakan ini disebabkan oleh Adenovirus atau virus penyebab diare biasa. Ada juga yang mengaitkannya dengan Covid-19.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menilai hepatitis misterius merupakan dampak dari Long Covid atau bagian dari pandemi. Ia menilai anak-anak yang paling rentan terserang hepatitis misterius menjadi bukti bahwa kelompok ini memang rentan karena belum divaksinasi.

Dan ia juga mengutip penelitian Israel yang menyebutkan 90 persen anak-anak yang terkena hepatitis misterius, memiliki riwayat terinfeksi Covid-19 dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Hepatitis misterius ini memberi pesan ya, bahwa Covid-19 bisa memicu dampak tak langsung ya. Menurut saya ini bagian dari dampak Long Covid ya, atau dampak menengah, akut jangka panjang pada infeksi Covid-19 pada beberapa organ, yakni hepar atau hati,” tegas Dicky kepada JawaPos.com, Minggu (15/5).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top