Ekonomi

Pemkot Surabaya Kirim Dokter Hewan Periksa Ternak

Pemkot Surabaya Kirim Dokter Hewan Periksa Ternak

JawaPos.com–Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pemkot Surabaya turunkan dokter hewan sebagai antisipasi penularan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Mulai Senin (10/5), dokter hewan telah diterjunkan untuk memeriksa atau mengecek beberapa lokasi peternakan.

Pengecekan hewan ternak di Kecamatan Pakal Kota Surabaya, Rabu (11/5), terdapat delapan ekor sapi ternak yang dinyatakan sehat setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu, kondisi sapi, hingga pemberian vitamin serta antibiotik yang disuntikan di bagian leher sapi.

”Terdapat beberapa tahap dalam pemeriksaan kewaspadaan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),” ujar dokter hewan DKPP Kota Surabaya Rizal Maulana Ishaq.

Pertama, dilihat keadaan sapi. Apakah sedang dalam posisi berdiri atau duduk. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan di daerah sekitar mulut.

”Kalau tidak ada bercak-bercak merah seperti luka yang mengeluarkan darah, hewan tersebut masuk dalam kategori aman atau hewan sehat,” terang Rizal.

Pemeriksaan dilanjutkan apakah mulut mengeluarkan busa atau tidak. Sebab, hewan yang telah terjangkit PMK akan sering mengeluarkan air liur. Hewan yang terjangkit tidak memiliki nafsu makan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top