Ekonomi

Penjualan Frenkie de Jong Bisa Jadi Cara Cepat Barcelona Keluar dari Masalah Keuangan

Frenkie de Jong dari Barcelona selama pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara FC Barcelona dan Valencia di stadion Camp Nou di Barcelona, ??Spanyol, Minggu, 17 Oktober 2021.

Opsi untuk menjual De Jong dikatakan paling menarik bagi Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, ingin mempertahankan Frenkie de Jong di klubnya. Tetapi di lain sisi, ia juga mengakui masalah keuangan dapat memaksa penjualan pemain dari timnya di musim panas mendatang.

Meskipun de Jong adalah salah satu pemain Xavi yang paling penting, ia juga dapat menjadi cara cepat bagi Barcelona untuk menghasilkan dana dengan klub-klub seperti Manchester United yang memantau situasi dengan cermat.

Pada Januari 2021, Barcelona mengungkapkan utang yang cukup besar dengan total sekitar 1,02 miliar poundsterling sebagai akibat dari salah urus keuangan. Laporan tersebut menunjukkan Barcelona masih berutang 112 juta poundsterling ke berbagai klub untuk pembelian Philippe Coutinho, Malcom, de Jong, Arthur, dan Arturo Vidal, yang beberapa di antaranya tidak lagi di klub.

“Bagi saya dia adalah pemain yang sangat penting. Dia telah menjadi starter hampir sepanjang waktu. Dia adalah pesepak bola fundamental tetapi kemudian ada situasi ekonomi, di mana kami semua bergantung,” ujar Xavi dilansir dari Daily Mail, Ahad (15/5/2022).

Menurut Xavi, klub perlu mengetahui situasi keuangan untuk membuat beberapa keputusan dan kemudian akan mengambil satu atau lain keputusan. Dia menyatakan hal tersebut tidak dimaksudkan untuk kasus de Jong saja, melainkan secara umum.

“Dia adalah pemain yang sangat saya sukai, tetapi kita akan melihat situasinya seperti apa,” jelas Xavi.

Manchester United akan berada di pasar untuk mencari gelandang tengah baru ketika Nemanja Matic dan Paul Pogba pergi sebagai pemain berstatus free agent pada akhir bulan depan, dan sumber telah mengkonfirmasi bahwa de Jong adalah pemain yang dikagumi klub.

Namun, ada sejumlah kendala yang harus diatasi, termasuk penilaian Barcelona sebesar 70 juta poundsterling terhadap pemain berkebangsaan Belanda itu, keengganan pemain untuk meninggalkan Nou Camp, dan harapannya terhadap sepak bola Liga Champions.

Barcelona dilaporkan akan menjual sembilan pemain, termasuk de Jong musim panas ini karena ingin membangun kembali setelah musim yang mengecewakan.

Xavi telah sangat jelas memperlihatkan perlu membawa bala bantuan untuk bisa kembali menantang Real Madrid untuk gelar La Liga Spanyol dan bersaing di Liga Champions.

Opsi untuk menjual De Jong dikatakan paling menarik bagi Barcelona karena akan menghasilkan dana jutaan pound untuk klub dan keuntungan dari 64 juta poundsterling yang dibayarkan untuknya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top