Ekonomi

Ratusan Sekolah di Gresik Siap Jalankan Kurikulum Merdeka Belajar

alexametrics

JawaPos/com- Tahun ajaran 2021–2022 diselesaikan para siswa. Saat ini dinas pendidikan menyempurnakan teknis pelaksanaan pembelajaran untuk tahun ajaran berikutnya. Apalagi, mulai Juli nanti terdapat 255 sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka.

Pada akhir April, dinas pendidikan menutup usulan sekolah yang siap menerapkan kurikulum yang dicetuskan Menteri Nadiem Makarim itu. Tidak semua sekolah bisa mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Karena itu, dispendik melakukan penjaringan dan seleksi bagi sekolah yang telah siap. Sekolah yang belum siap pada tahun ajaran 2022–2023 bisa ikut di periode selanjutnya.

Kepala Dispendik Pemkab Gresik S. Hariyanto mengatakan, Kurikulum Merdeka itu merupakan langkah peningkatan mutu pendidikan. Sekolah yang sudah menerapkan dalam regulasinya mampu mendorong sekolah lain agar mencapai syarat yang diberlakukan.

Hariyanto menyebutkan, target kurikulum itu dicapai 3–4 tahun ke depan. Yakni, dengan lima intervensi yang sudah ditentukan. Di antaranya, peningkatan kapasitas SDM, baik guru, kepala sekolah, maupun pengawas. Kemudian pendampingan asimetris, diajari merencanakan berbasis data, pembelajaran paradigma baru, dan tentunya digitalisasi sekolah.

’’Program ini merupakan katalisator percepatan hasil belajar. Hasilnya tetap meningkatkan mutu pendidikan dengan melihat belajar siswa secara holistik,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top