Ekonomi

Sudah 7 Tahun Rencana Bangun Gedung Baru PN Sidoarjo Masih Wacana

alexametrics

JawaPos.com- Wacana membangun gedung baru untuk Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo muncul sejak 2015. Namun, hingga kemarin (11/5) gedung anyar tersebut belum ada. Pihak pengadilan pun terus mendorong pembangunan gedung baru yang lebih memadai segera terealisasi.

Saat ada kunjungan reses anggota Komisi III DPR Bambang D.H. kemarin, keinginan itu kembali disampaikan. Pihak pengadilan berharap tahun ini pembangunan bisa dimulai. ”Mudah-mudahan tahun ini terealisasi,” tutur Juru Bicara PN Sidoarjo Affandi Widarijanto setelah bertemu dengan Bambang D.H.

Tanah untuk gedung anyar tersebut ada sejak lama dan siap digunakan. Tepatnya di wilayah Taman Pinang.

Gedung PN di Jalan Jaksa Agung Suprapto itu memang kurang representatif. Terlebih untuk pengadilan yang memiliki gelar kelas I-A khusus. Sering kali sidang untuk terdakwa dewasa masih dilakukan di ruang sidang anak. Ukuran beberapa ruang sidang juga kecil. Jika ada antrean sidang, para pihak harus menunggu di luar. Tidak di dalam ruang.

Selain itu, gedung pengadilan tersebut tidak memiliki tempat parkir khusus bagi pengunjung. Pengunjung memarkirkan kendaraan di sisi kanan dan kiri jalan umum depan pengadilan. Di sepanjang jalan, banyak kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor, yang parkir. Bukan hanya milik pengunjung pengadilan. Pengunjung instansi atau tempat usaha lain di sekitar jalan tersebut juga ada. Namun, yang paling banyak tetap kendaraan milik pengunjung pengadilan.

Affandi menyatakan, jika pembangunan gedung baru terealisasi, bentuknya tidak seperti gedung saat ini. Gedungnya harus benar-benar representatif. ”Supaya pengunjung atau para pihak tidak umpel-umpelan,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top