Ekonomi

Suhu Cuaca Panas dan Perubahan Iklim Picu Virus Penyakit Bermunculan

Suhu Cuaca Panas dan Perubahan Iklim Picu Virus Penyakit Bermunculan

JawaPos.com – Perubahan iklim mulai menunjukkan gejala di bumi. Salah satunya adalah es di kutub mencair dan gelombang panas yang terjadi di berbagai negara saat ini. Para ilmuwan mengungkapkan situasi ini dapat meningkatkan risiko penularan penyakit menular lintas spesies.

Setidaknya 15 ribu penularan virus lintas spesies baru dapat terjadi pada tahun 2070. Para ilmuwan sekarang percaya bahwa pemanasan global akan secara signifikan meningkatkan jumlah penularan virus lintas spesies dalam beberapa dekade mendatang. Oeh karena itu menimbulkan risiko lebih lanjut bagi hewan dan manusia lain dari penyakit menular, seperti Covid-19, seperti laporan Nature pekan lalu.

Dalam penelitian itu disebutkan, ketika suhu global terus meningkat, banyak spesies hewan kemungkinan akan bermigrasi ke lingkungan baru. Mereka membawa parasit dan patogen atau kuman dan memfasilitasi berbagi virus antara spesies yang sebelumnya tidak memiliki interaksi. Peningkatan itu kemudian dapat membantu dalam limpahan zoonosis atau penularan patogen dari hewan liar ke manusia.

Selain wilayah tropis seperti Afrika dan Asia Tenggara, kepadatan penduduk juga dapat memperparah kondisi. Peristiwa berbagi virus yang sebagian besar didorong oleh kelelawar, memiliki peluang tinggi untuk menular ke manusia.

“Pergeseran yang didorong oleh iklim di hotspot untuk penyebaran spesies dan evolusi virus mungkin sudah terjadi, mengingat pemanasan sudah berlangsung,” tulis para penulis seperti dilansir dari ABC, Kamis (12/5).

Virus Covid-19 kemungkinan berasal dari penularan dari hewan ke manusia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Virus kemungkinan ditularkan dari kelelawar ke hewan lain dan kemudian ke manusia, menurut laporan bersama Tiongkok dan WHO yang dirilis pada Maret 2021.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top