Ekonomi

Tak Ada Kasus Hepatitis Akut , Wali Kota Eri Minta Orang Tua Waspada

Tak Ada Kasus Hepatitis Akut , Wali Kota Eri Minta Orang Tua Waspada

JawaPos.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya pastikan sampai saat ini, belum ada penemuan kasus hepatitis akut. Meski begitu, seluruh Fasyankes telah meningkatkan upaya dan kesiapsiagaan mewaspadai potensi kasus tersebut.

”Sampai saat ini di Kota Surabaya belum ada laporan terkait penemuan kasus tersebut,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Nanik Sukristina pada Rabu (11/5).

Dia menyatakan, sejumlah upaya meningkatkan kewaspadaan dini pada masing-masing fasyankes di Surabaya telah dimaksimalkan. Dinkes Surabaya minta rumah sakit melakukan pengamatan semua kasus sindrom jaundice akut yang tidak jelas penyebabnya dan ditangani sesuai SOP serta pemeriksaan laboratorium.

”Kemudian, melakukan hospital record review (HRR) terhadap hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya sejak 1 Januari dan melaporkan segera jika ada penemuan kasus potensial sesuai indikasi kasus tersebut,” jelas Nanik.

Untuk setiap puskesmas, Kadinkes minta agar seluruhnya melakukan penguatan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) kepada seluruh masyarakat. Juga, upaya pencegahan melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) secara konsisten dalam berkegiatan sehari-hari dan di lingkungan tempat tinggal.

”Mengimbau kepada seluruh masyarakat segera mengakses fasyankes (puskesmas setempat) apabila mengalami sindrom jaundice,” ujar Nanik.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top