Ekonomi

Trial Tes BUMN Apakah Wajib? Begini Penjelasan dan Cara Cek Jadwalnya

Trial Tes BUMN Apakah Wajib? Begini Penjelasan dan Cara Cek Jadwalnya

Suara.com – Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN sudah masuk tahap kedua. Sebelumnya, peserta dianjurkan untuk mengikuti trial tes, uji coba ini sengaja diadakan oleh pihak FHCI BUMN bagi peserta yang lolos pada tahap seleksi sebelumnya. Mungkin sebagian dari Anda peserta yang telah lolos bertanya-tanya trial tes BUMN apakah wajib?

Lantas trial tes BUMN apakah wajib? Jawabanya tidak, akan tetapi disarankan bagi peserta untuk mengikutinya untuk memaksimalkan hasil tes TKD yang sesungguhnya.

Trial tes merupakan tes percobaan yang diikuti peserta, sebelum akhirnya mereka mengikuti test yang sesungguhnya sesuai dengan jadwal. Adapun trial tes ini diadakan sebelum peserta mengikuti tes kemampuan dasar (TKD) dan Core Values BUMN.

Uji coba BUMN ini dilaksanakan pada 14-17 Mei 2022. Sementara TKD dan Core Values BUMN akan dilaksanakan pada 17-24 Mei 2022. 

Baca Juga:
Sebut BUMN Seperti Parpol, Masinton PDIP: Banyak Pajang Foto Menteri Dibanding Presiden, Fotonya Mejeng Sampai Ke ATM!

Trial tes ini serupa dengan try out ujian yang biasanya diikuti oleh peserta didik seperti ujian nasional atau UTBK dan lain sebagainya. Sementara itu, uji coba ini sama sekali tidak mempengahuri hasil tes TKD yang nantinya akan diikuti oleh peserta. 

Sebagai informasi, TKD merupakan tes yang serupa dengan psikotes yang di dalamnya memuat soal-soal yang menguji kemampuan dasar bagi calom pekerja BUMN. Jenis soal yang terdapat di dalam TKD antara lain ada tes verbal, numerik dan figural atau gambar. 

Cara Cek Jadwal Trial Tes Rekrutmen BUMN

Calon pekerja disarankan untuk mengikuti tahap trial tes guna dapat melakukan evaluasi terhadap perangkat yang akan digunakan untuk tes online. Berikut ini cara cek jadwal trial tes: 

  • Buka situs FHCI BUMN, di https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/  
  • Klik “Login” di pojok kanan atas pada halaman situs tersebut 
  • Isikan alamat email dan password yang telah terdaftar, kemudian klik “Login Now” 
  • Pilih menu “Lamaran Saya” yang ada di sisi kiri pada halaman menu 
  • Selanjunya akan ditampilkan jadwal trial test dan status online tes peserta 

Pada halaman tersebut akan menampilkan tanggal, batch, username, password, dan tombol mulai tes yang nantinya akan digunakan saat pelaksanaan trial tes dan online tes. Tombol mulai tes baru muncul ketika tes akan dimulai. Gunakan username dan juga password untuk mengakses online tes tersebut. 

Baca Juga:
Deretan Curhat Warganet Usai Ikut Trial Test Rekrutmen BUMN: Puncak Komedi

Nantinya peserta diminta untuk menyalakan kamera laptop/PC selama mengikuti tes, serta menyiapkan perangkat tes 15 menit sebelum tes dimulai. 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top