Ekonomi

Waspada! Banjir Rob Bakal Terjadi Selama Seminggu di Jawa Timur

Waspada! Banjir Rob Bakal Terjadi Selama Seminggu di Jawa Timur

JawaPos.com–Banjir rob diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah Jawa Timur sejak Kamis (12/5) hingga Jumat (20/5). Banjir rob merupakan banjir akibat kenaikan permukaan air laut atau air pasang.

Akibatnya, air laut menggenangi daratan. Biasanya, banjir rob disebut dengan banjir genangan.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak Surabaya Daryatno menjelaskan, banjir rob diperkirakan mencapai ketinggian 130–150 cm dari permukaan laut di beberapa wilayah pesisir.

”Antara lain daerah Pelabuhan Surabaya pada 15–20 Mei, pukul 10.00–13.00 WIB. Kemudian Pesisir Surabaya Barat, termasuk Gresik, Lamongan, dan Tuban pada 12–20 Mei, pukul 08.00–11.00 WIB,” papar Daryatno pada Kamis (12/5).

Kemudian Pesisir Pasuruan, Sidoarjo, Probolinggo, Jember, Kenjeran, Bangkalan Selatan, Kuanyar, Sukolilo, Sampang, sepanjang Selat Madura, dan Kreseh (barat Sampang).

”Di wilayah itu diperkirakan akan terjadi banjir rob pada 16–19 Mei, pukul 10.00–12.00 WIB,” terang Daryatno.

Kemudian di Pesisir Kalianget, termasuk Pamekasan pada 16–18 Maret pukul 10.00 – 12.00 WIB.

”Hal ini dapat berdampak dengan munculnya genangan air yang dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan,” papar Daryatno.

”Pasang air laut maksimum yang terjadi merupakan siklus bulanan. Di mana saat ini, fase tengah bulan atau purnama menyebabkan banjir rob di area pesisir,” tambah dia.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top