Ekonomi

Zakat PNS Surabaya Capai Rp 14 Miliar

Zakat PNS Surabaya Capai Rp 14 Miliar

JawaPos.com–Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengumpulkan dana dari pegawai negeri sipil (PNS) hingga senilai Rp 14 miliar. Itu merupakan hasil zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang dihimpun Baznas melalui PNS atau aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Surabaya serta masyarakat.

Matur nuwun sanget (terima kasih banyak) untuk program penyaluran bantuan, baik sembako, kursi roda, beasiswa, tebus ijazah, dan lainnya. Ini di luar ekspektasi saya, karena Baznas hadir untuk membantu kepentingan masyarakat Surabaya,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Jumat (13/5).

Wali kota menyampaikan, terdapat kemiripan pada program bantuan yang dibuat Baznas. Yakni bantuan tebus ijazah di tingkat SMP dan SMA/SMK. Sebab, Pemkot Surabaya juga fokus pada pembebasan ijazah.

Karena itu, dia meminta kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya untuk melakukan pengecekan dan pendataan terhadap seluruh siswa yang mengalami kesulitan dalam mengambil ijazah.

”Nanti Pemkot Surabaya bisa berkoordinasi dengan Baznas terkait penebusan ijazah. Kalau di tingkat SMP sudah dibantu pemkot, tetapi kalau di tingkat SMA/SMK kita harus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengenai jumlah warga KTP Surabaya yang kesulitan mengambil ijazah,” papar Eri.

Pada Juni sampai Juli, Baznas berkonsentrasi pada penyaluran zakat produktif yang akan dijadikan sebagai modal usaha. Ke depan, pemkot dan Baznas tidak hanya memberikan bantuan, tetapi melatih orang untuk memaksimalkan kemampuan SDM.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top