Merdeka.com – Asam urat merupakan sebuah peradangan pada sendi akibat menumpuknya kristal asam urat dalam jumlah tertentu. Masalah kesehatan ini umumnya bisa terjadi pada pria maupun wanita yang sudah lanjut usia. Namun, tak menutup kemungkinan jika anak muda juga bisa mengalaminya.

Kebanyakan keluhan dari asam urat biasanya muncul secara tiba-tiba dan menyerang area persendian di ibu jari dan tangan. Sementara itu, penyebabnya pun bisa bervariasi. Mulai dari karena keturunan hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

Nah, supaya bisa menghindari kondisi asam urat yang lebih fatal, ada baiknya bagi kamu untuk segera mengenal dan mengetahui makanan apa saja yang dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh. Apa saja?

1. Daging Merah

©Shutterstock

Makanan pertama yang pantang disantap oleh para penderita asam urat adalah daging merah. Daging merah di sini misalnya saja daging sapi, domba, babi, dan lainnya. Meskipun jenis daging ini memiliki kandungan protein yang tinggi, akan tetapi makanan ini merupakan salah satu penyebab utama terjadinya peningkatan asam urat dalam tubuh. Hal ini tentunya juga disebabkan kadar purin yang tinggi yang bisa ditemukan pada daging merah ini.

2. Makanan Laut

hindari mulai sekarang inilah 4 makanan yang bisa menyebabkan asam urat meningkat

©Shutterstock

Bagi kamu yang memiliki asam urat, sebaiknya usahakan dulu agar tak mengkonsumsi makanan laut terlalu sering. Menyantap hidangan seperti kerang, sarden, ikan teri, udang, dan kepiting nyatanya dapat memperburuk gejala asam urat yang dialami. Selain itu, berbagai makanan laut ini juga memiliki kadar purin yang tentunya tak bagus bagi pemilik asam urat. Oleh karena itu, cobalah untuk membatasi menyantap hidangan dari berbagai bahan laut ini, ya.

3. Makanan Tinggi Gula

hindari mulai sekarang inilah 4 makanan yang bisa menyebabkan asam urat meningkat

©Shutterstock

Bukan hanya berisiko meningkatkan kadar gula darah, namun menyantap makanan yang terlalu manis nyatanya juga mampu membuat asam urat dalam tubuh jadi meningkat. Meski begitu, tak semua makanan manis bisa menyebabkan naiknya gejala asam urat ini.

Pasalnya, hanya olahan yang memiliki fruktosa atau gula jagung saja yang mampu menghasilkan purin dan memicu gejala asam urat yang lebih serius. Maka dari itu, kurangi konsumsi hidangan dengan fruktosa yang tinggi di dalamnya, ya.

4. Jeroan

hindari mulai sekarang inilah 4 makanan yang bisa menyebabkan asam urat meningkat

©Shutterstock

Makanan yang satu ini memang bisa dibilang sangat enak dan bikin nagih. Namun, di balik rasanya yang begitu menggiurkan itu, terdapat risiko kesehatan berbahaya yang mengintai. Salah satunya sebagai penyebab meningkatnya kadar asam urat.

Jeroan seperti hati, paru, dan lidah sendiri memiliki senyawa purin yang kemudian diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Atas alasan inilah, kamu perlu mengurangi dan kalau bisa berhenti secara perlahan untuk menyantap hidangan yang satu ini.

Itu tadi beberapa makanan yang mampu meningkatkan risiko asam urat. Berbagai makanan di atas tentunya sangat pantang ya bagi kamu yang memiliki permasalahan kesehatan ini. Semoga artikel ini bermanfaat.


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.