Honda adalah salah satu pabrikan otomotif yang ingin beralih ke elektrifikasi. Sekarang ada kabar bahwa mereka akan membuat mobil listrik hidrogen pada tahun 2024.

Honda mendorong untuk menggunakan kendaraan listrik sepenuhnya di tahun-tahun mendatang. Demi mempertahankan tujuan ini, mereka telah mengumumkan akan membuat dan meluncurkan kendaraan sel bahan bakar hidrogen pada tahun 2024.

Produsen otomotif tersebut telah mengungkapkan bahwa mereka akan memproduksi model Honda CR-V berbasis bahan bakar sel (fuel-cell) di Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio. Pasalnya, Honda berencana untuk menggunakan listrik sepenuhnya pada tahun 2040 dan netral karbon pada tahun 2050.

Teknologi fuel-cell menggunakan hidrogen dan oksigen untuk menghasilkan listrik agar dapat menggerakkan kendaraan ketimbang mengandalkan baterai. Dilansir dari Gizmochina (1/12), ini memiliki keunggulan dibandingkan kendaraan listrik baterai karena kendaraan dapat diisi bahan bakar dalam tiga hingga empat menit dan menempuh jarak yang lebih jauh. Namun, teknologinya belum siap untuk diadopsi secara massal, dan stasiun hidrogen publik baru terkonsentrasi di California, AS.

Model Honda CR-V Hydrogen Fuel-Cell mendatang bakal hadir dengan kemampuan plug-in untuk baterainya. Hal ini memungkinkannya menawarkan jarak yang lebih panjang tanpa harus bergantung pada pasokan hidrogennya.

Honda mengatakan bahwa rincian lebih lanjut dari mobil tersebut akan terungkap mendekati peluncurannya pada tahun 2024. Perusahaan ini tidak mengatakan berapa banyak unik yang direncanakan untuk dibuat tetapi mencatat bahwa pabrik tersebut berspesialisasi dalam kendaraan volume kecil.

Selain Honda, Toyota dan General Motors telah mengembangkan teknologi fuel-cell selama dua dekade terakhir. Sedan berukuran sedang Toyota Mirai sedang menuju ke generasi keduanya. Honda, yang meluncurkan kendaraan fuel-cell pertamanya, FCX, pada tahun 2002 dan telah menginvestasikan lebih dari USD14 juta di jaringan pengisian bahan bakar hidrogen di California.

BMW dan Toyota juga bekerja sama untuk memproduksi kendaraan fuel-cell hidrogen di tahun-tahun mendatang. Pada tahun 2024, Bosch berencana menginvestasikan lebih dari USD1 miliar secara global untuk mengembangkan teknologi fuel-cell, dengan lebih dari USD200 juta untuk membangun tumpukan fuel-cell untuk truk komersial di pabriknya di South Carolina.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.