Doha: Belgia harus mengubur asa melaju ke babak gugur Piala Dunia 2022 usai diimbangi Kroasia pada laga pamungkas babak grup yang digelar Kamis, 1 Desember. Belgia bermain imbang 0-0 dengan Kroasia.
 
Butuh kemenangan untuk lolos dari fase grup, Belgia langsung menekan sejak menit pertama. Namun, penyelesaian akhir yang buruk membuat gawang Kroasia aman dari kebobolan.
 
Petaka nyaris menimpa Belgia pada menit ke-15 setelah Yannick Carrasco memberi penalti bagi Kroasia usai melanggar Andrej Kramaric di kotak terlarang. Untungnya VAR menganulir gol tersebut karena Dejan Lovren yang yang terlibat dalam build up lebih dulu terkena offside.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mulai mendapat momentum, Kroasia mampu mengembangkan permainan. Tapi setali tiga uang, penyelesaian akhir yang buruk membuat gawang Belgia tak kebobolan hingga turun minum.
 
Selepas jeda, kedua tim masih bermain terbuka demi mencari kemenangan. Kevin De Bruyne nyaris memecah kebuntuan Belgia pada menit ke-49, tapi usahanya bisa dihalau Dominik Livakovic.
 
Semenit berselang giliran Kroasia yang mengancam gawang Belgia. Untungnya Thibaut Courtois tampil sigap di bawah mistar untuk mengamankan sepakan Mateo Kovacic.
 
Courtois kembali menjadi pahlawan Belgia pada menit ke-54. Ia berhasil menghalau tembakan Marcelo Brozovic dan semenit kemudian sukses mencegah tembakan Luka Modric menggetarkan gawang Belgia.
 
Tak mau kecolongan, Belgia balas mengancam gawang Kroasia. Tapi usaha Romelu Lukaku pada menit ke-60 masih membentur tiang.
 
Dua menit berselang, Lukaku kembali memiliki peluang untuk memecah kebuntuan Belgia. Tapi kali ini sundulan Lukaku dari jarak dekat malah melambung dari gawang Kroasia.
 
Lukaku lagi-lagi membuang peluang emas jelang bubaran. Thorgan Hazard mengirim umpan silang brilian ke arah Lukaku yang gagal menyambarnya dan hanya mengenai dadanya sehingga Livakovic dengan mudah mengamankan bola.
 
Alhasil, skor kacamata bertahan hingga bubaran dan tambahan satu angka membuat Kroasia finis sebagai runner up grup F karena pada saat bersamaan Maroko berhasil menundukkan Kanada.
 
Sementara itu, Belgia tersingkir dari Piala Dunia setelah menuntaskan fase grup di posisi tiga dengan empat poin dari tiga laga.
 
Susunan pemain:
Kroasia: Livakovic; Juranovic, Lovren, Gvardiol, Sosa; Modric, Brozovic, Kovacic (Majer 90+2′); Kramaric (Pasalic 64′), Livaja (Petkovic 64′), Perisic
 
Belgia: Courtois; Meunier (E. Hazard 87′), Alderweireld, Vertonghen, Castagne; Dendoncker (Tielemans 72′), Witsel; De Bruyne, Mertens (Lukaku 45′), Carrasco (Doku 72′); Trossard (T. Hazard 59′)
 

(KAH)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.