Ternate (ANTARA) – Panitia Lokal Sail Tidore terus membenahi berbagai infrastruktur mulai dari Ternate hingga Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Maluku Utara (Malut) terutama lokasi akan digunakan Presiden Joko Widodo saat menghadiri ajang Sail Tidore.

Sekretaris Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo dihubungi dari Ternate, Minggu (20/11) mengatakan, segala persiapan untuk menyambut kehadiran Presiden pada perhelatan Sail Tidore telah disiapkan dan terkait konfirmasi kehadiran Presiden akan disampaikan pada H-2 menuju acara puncak.

“Infrastruktur yang dilihat terutama akomodasi untuk para menteri, longue VIP bandara, pelabuhan, item promosi di Bandara dan Pelabuhan, kesiapan transportasi VIP dan Non VIP, waiting room di Pelabuhan Ternate dan Tidore, serta sambutan selamat datang di bandara maupun pelabuhan,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk di lokasi acara puncak Sail Tidore, persiapan yang dilihat meliputi,  kesiapan tenda Presiden baik tenda transit maupun tenda utama, lokasi booth pameran, tenda, lokasi penanaman mangrove dan kelengkapan penandatanganan prasasti.

Baca juga: Menjual potensi investasi melalui pameran nasional “Sail Tidore 2022”

Baca juga: TNI AL kerahkan 12 KRI dan seribuan personel dukung Sail Tidore 2022

Sementara, Tim Panitia Pusat dari Ditjen Bina Bangda ini juga menemui dan berbincang dengan Event Organizer (EO) Sail Tidore Matias Mboi di lokasi.

Usai pengecekan lokasi perhelatan Sail Tidore di Pantai Tugulufa, rombongan dari Ditjen Bina Bangda ini menyempatkan untuk melihat latihan para penari kolosal di Open Space Kelurahan Tomagoba.

Menuju acara puncak Sail Tidore, tim panitia pusat dari Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri, meninjau langsung segala persiapan yang meliputi sarana prasarana dan infrastruktur pendukung Sail Tidore 2022 di lokasi Pantai Tugulufa.

Didampingi Sekretaris Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo dan Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Taher Husain, tim panitia pusat dari Ditjen Bina Bangda Kemendagri, Rio Chantyono Arwanda beserta rombongan, didaulat melihat seluruh persiapan Sail Tidore di Pantai Tugulufa.

Dalam pemantauan ini, ada beberapa item infrastruktur pendukung Sail Tidore, yang akan dilihat sejauh mana perkembangannya, tidak hanya di Kota Tidore Kepulauan, tetapi juga di Kota Ternate. Seluruh persiapan dipastikan akan final ditanggal 22 November 2022.

Baca juga: Mendag promosikan “Sail Tidore” 2022 di sela KTT G20

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.