MediaTek Dimensity 8200 bakal memberikan pengalaman baru melalui ponsel 5G premium. Tak hanya memberikan tenaga yang powerful pada perangkat, masa pakai baterai pun jauh lebih lama dibandingkan sebelumnya.

Belum lama ini MediaTek mengumumkan prosesor mobile Dimensity 8200 untuk ponsel 5G kelas premium. Selain memberikan tenaga andal untuk ponsel, prosesor ini juga diklaim memberikan masa pakai baterai yang lebih lama dibandingkan model sebelumnya. Berikut adalah fitur utama dari Dimensity 8200:

1. Teknologi 4nm terbaru

MediaTek Dimensity 8200 menggunakan teknologi chip kelas 4nm terbaru, sehingga prosesor ini menggunakan lebih sedikit energi dibandingkan sebelumnya. Efek nyata yang ditimbulkan ialah memperpanjang masa pakai baterai pada ponsel 5G premium. Dengan begitu, waktu bermain gim menjadi lebih tenang, pengguna tidak terinterupsi dengan waktu untuk isi ulang baterai baterai.

2. High frame rate

Dengan kecepatan CPU maksimum 3,1GHz, mesin grafis yang kuat, dan LPDDR5 quad-channel, para gamer bisa merasakan fast frame rate yang mulus dan grafis yang mengesankan.

3. MediaTek HypeEngine 6.0

Teknologi gim MediaTek HyperEngine 6.0 mengoptimalkan seluruh fungsi ponsel karena setiap milidetik menjadi sangat penting. Artinya, pengguna tetap bermain gim tanpa takut koneksi terputus, FPS jitter, input delay, atau gangguan gameplay.

Dimensity 8200 membawa teknologi generasi ke-6 yang meliputi Frame Rate Smoother 2.0 dan Smart Resource Optimization for CPU threads, teknologi AI-enhanced Variable Rate Shading technology (AI-VRS) untuk grafis, MediaTek Intelligent Display Sync 2.0, dan optimalisasi trafik 5G Modem Express untuk data game.

4. AI yang andal

MediaTek APU 580 adalah prosesor AI multicore yang sangat andal dari dan digadang-gadang dirancang untuk memaksimalkan efisiensi daya tanpa mengurangi performa—bahkan mencetak kinerja benchmark AI ETHZ tercepat di kelasnya. Dengan desain yang unik, MediaTek telah menciptakan solusi ideal untuk pengalaman AI-multimedia, AI-camera, AI-graphics, dan video sosial.

5. Kamera MediaTek Imagiq 785

Adanya HDR-ISP 14-bit kelas unggulan juga dapat bekerja dengan Accelerated Processing Unit (APU) 580 yang powerful untuk membantu pengurangan noise berbasis AI pada foto—pengguna juga bisa bebas memotret dalam kondisi pencahayaan apa pun.

Selain itu, pengguna juga dapat merekam video menggunakan tiga kamera secara bersamaan. Atau, memakai satu kamera untuk merekam video sinematik dengan focus tracking secara real-time dan memberikan efek bokeh yang lembut meski saat subjek bergerak.

6. MiraVision 785 Display

Dimensity 8200 juga memungkinkan produsen ponsel menggunakan layar 180 Hz super cepat pada resolusi Full HD+, atau memilih WQHD+ yang agak lebih besar pada 120Hz. Sementara itu, MediaTek Intelligent Display Sync 2.0 berfungsi untuk memastikan penyesuaian refresh rate, di mana kecepatan tercepat hanya digunakan saat diperlukan, sehingga memaksimalkan efisiensi daya.

7. 5G hemat daya dan performa lebih cepat

Dimensity 8200 juga memaksimalkan hemat daya 5G dengan dua cara. Pertama dengan sepenuhnya mengintegrasikan modem 5G ke dalam chip 4nm, dan kedua menggunakan rangkaian teknologi MediaTek 5G UltraSave 2.0. Artinya pengguna dapat membiarkan jaringan 5G tetap aktif dan tidak perlu khawatir dengan masa pakai baterai.

Teknologi modem 5G yang canggih telah memenuhi standar 3GPP Release-16 terbaru. Adapun 3CC carrier aggregation (teknik penggabungan pita frekuensi untuk mendapatkan lebih banyak bandwidth) dapat menggabungkan lebih banyak koneksi 5G sekaligus, sehingga memperkuat kinerja dan jangkauan sub-6GHz.

8. Tri-Band Wi-Fi 6E 2×2 dengan teknologi Wi-Fi MediaTek fast path

Teknologi tri-band ini telah menambahkan pita frekuensi 6 GHz untuk kinerja yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah. Terhubung ke router Wi-Fi 6E yang ditenagai oleh MediaTek Filogic 830, teknologi MediaTek Wi-Fi Fast Path memprioritaskan koneksi untuk gim, menurunkan latensi hingga 44%, bahkan di lingkungan jaringan yang sangat padat.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.