Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan IBM mengumumkan bahwa kedua perusahaan menjajaki kolaborasi dalam pengembangan solusi 5G lewat joint technology dan offering build, go-to-market dan ecosystem solutions bersama, dan mengkomersialkan platform 5G Enterprise Industry Solutions.

Platform ini diharapkan akan menggunakan IBM Consulting and Solutions yang memungkinkan IOH memonetisasi nilai rantai 5G-nya secara penuh.

Penjajakan kolaborasi ini akan menjadikan IBM sebagai salah satu kolaborator strategis IOH dalam memaksimalkan potensi jaringan 5G-nya yang sejalan dengan misi IOH untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

“Kami senang bisa bekerjasama dengan IBM untuk meningkatkan utilisasi dan komersialisasi jaringan 5G. Sehingga, kami berharap hal ini dapat membantu mendorong transformasi digital dan meningkatkan efisiensi perusahaan-perusahaan di Indonesia,” kata Vikram Sinha, President Director and CEO of Indosat Ooredoo Hutchison.

Kolaborasi ini diharapkan akan menggabungkan teknologi dan keahlian dari kedua perusahaan, menyediakan MVP (minimum viable product), anchor usecases, strategi go-to-market bersama, dan ecosystem solutions untuk mengkomersialkan platform 5G.

Dalam kolaborasi ini, IOH akan menjadi penyedia infrastruktur seperti server, komputasi, storage, hingga konektivitas. Sementara IBM akan menyediakan teknologi dan platform perangkat lunaknya.

“Kolaborasi dengan IOH ini akan memungkinkan kalangan pebisnis untuk memanfaatkan teknologi digital dalam menciptakan solusi generasi masa depan dan menanggapi kondisi pasar yang dinamis serta adopsi 5G di Indonesia. Dengan solusi yang dibangun di atas hybrid cloud IBM yang terdepan di industri, AI, dan kemampuan keamanan yang didukung oleh keahlian industri yang mendalam dari IBM Consulting, kami berharap dapat menumbuhkan kemampuan 5G Indonesia,” kata Deep Bhau, Vice President & Senior Partner, IBM Consulting ASEAN.

Saat ini, IOH dan IBM sedang berkolaborasi dengan salah satu perusahaan besar di Indonesia sebagai anchor client. Lewat kolaborasi ini, IOH dan IBM tengah menjajaki sejumlah use cases pemanfaatan 5G untuk mengidentifikasi cacat pada wadah makanan dan melacak kualitas kemasan.

Kedua perusahaan juga akan melakukan seminar dan workshop untuk menyediakan strategi penggunaan 5G, menawarkan solusi dan pendekatan go-to-market (GTM) kepada berbagai perusahaan di Indonesia. (Icha)

Artikel ini bersumber dari telko.id.