Telko.id – Indosat Ooredoo atau IOH gandeng Tara | Indepay untuk menghadirkan pengalaman pembayaran yang menarik kepada pelanggannya melalui jaringan retailer, bank dan merchant.

Terintegrasi dalam aplikasi myIM3 dan bima+, platform ini akan memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi yang cepat, aman, dan lancar di seluruh jaringan pembayaran dengan model count capped zero-fee dibandingkan dengan metode pembayaran tradisional.

IOH dan Tara | Indepay akan berintegrasi dan bekerja sama secara erat dalam beberapa bulan mendatang untuk menciptakan solusi yang kuat bagi semua pelanggan IOH.

Terdapat berbagai masalah yang dialami pelanggan dan pedagang terkait mekanisme pembayaran. Antara lain, 17% (atau 1 dari 6) transaksi dibatalkan karena proses checkout yang panjang & rumit, 9% karena tidak adanya metode dan instrumen pembayaran yang dipilih, 4% karena kartu kredit yang ditolak dan banyak di antaranya karena biaya yang tinggi dan biaya transfer antar bank.

Tara | Indepay pun menciptakan satu jaringan pembayaran terpadu dengan bank-bank besar yang dapat bekerja sama untuk kepentingan konsumen. Platorm yang dimiliki nya ini dibangun untuk mengatasi masalah pembayaran sambil menawarkan kecepatan dan kenyamanan dalam bertransaksi yang mengikuti standar keamanan tertinggi.

“Kami sangat senang menyambut eksplorasi kolaborasi dengan Tara | Indepay untuk menghadirkan pengalaman pembayaran global yang simple kepada 98,2 juta pelanggan kami. Kami berharap pengalaman finansial melalui aplikasi ini akan melengkapi ekosistem digital dan mendukung gaya hidup digital pelanggan dan juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa depan,” kata Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Tara | Indepay akan memungkinkan pelanggan IOH untuk memetakan nomor ponsel ke salah satu dari berbagai sumber dana mereka seperti rekening bank, e-money, kartu debit & kartu kredit sebagai Identitas Pembayaran (Pay-ID).

Ini memungkinkan transfer antar akun yang lebih cepat dan lebih aman serta pengalaman pembayaran yang lancar. Selanjutnya, pelanggan kemudian dapat menggunakan Pay-ID kapanpun mereka ingin bertransaksi tanpa memerlukan apapun kecuali smartphone dan aplikasi myIM3 atau bima+ di berbagai merchant, retailer, dan bank yang berpartisipasi.

Untuk mencapai hal ini, Tara | Indepay telah mulai berintegrasi secara mendalam dengan bank-bank besar di seluruh Indonesia dan akan terus menambah lebih banyak bank ke dalam jaringannya selama 12 bulan ke depan.

Pembayaran digital memainkan peran penting dalam mendorong perekonomian suatu negara. Pembeli online dalam volume besar untuk membeli produk dan layanan, seringkali melalui proses menyulitkan yaitu memasukkan detil pembayaran seperti detil kartu, CVV, tanggal kedaluwarsa, dan alamat yang mengarah ke pembatalan utama di halaman checkout.

“Dengan platform Tara, kami ingin memecahkan masalah tersebut dengan menawarkan pengalaman transaksi low-cost, yang sangat cepat, mudah, dan aman, yang tidak lebih dari satu detik. Ini akan berdampak pada ekonomi digital di Indonesia secara masif karena akan membantu penjual meningkatkan keuntungan, dan pembeli berbelanja lebih percaya diri dan aman,” kata Rajib Saha, Co-founder & Chief Executive Officer Setara Networks Worldwide.

Tara | Indepay percaya untuk mengambil langkah pertama dalam menciptakan jaringan mitra yang benar-benar terbuka untuk semua. Komitmennya adalah “Membuat Setiap Transaksi Bermanfaat” baik untuk pelanggan, merchant, retailer, atau bank yang berpartisipasi dan pada tahun depan juga akan diluncurkan program loyalitas untuk konsumen.

IOH dan Tara | Indepay berfokus pada pencapaian solusi pembayaran real-time yang dibangun berdasarkan kebutuhan konsumen – terutama transaksi gratis yang dibatasi hitungan, pembayaran secepat kilat, sangat aman, yang semuanya dimungkinkan oleh satu Pay-ID untuk memberikan pengalaman konsumen yang mulus.

Ini adalah solusi unik yang mengatasi masalah besar dalam pembayaran dan menyatukan pedagang, retailer, dan bank di bawah satu jaringan untuk memberikan pengalaman lebih sederhana kepada pelanggan IOH. (Icha)

Artikel ini bersumber dari telko.id.