Desain Dynamic Island pada iPhone 14 Pro dan Pro Max mengubah notch menjadi area yang multifungsi untuk notifikasi yang lebih dinamis. 

Apple selalu menghadirkan model Pro dari generasi iPhone terbarunya. Model ini biasanya dibekali spesifikasi serta fitur yang lebih maju daripada model standarnya. Diluncurkan hari ini (8/9), iPhone 14 Pro dan Pro Max juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari iPhone 14 biasa dan iPhone 14 Plus.

Salah satu inovasi terbaru yang Apple hadirkan di model Pro kali ini dan cukup menarik perhatian adalah desain Dynamic Island. Desain ini mengubah notch menjadi area yang multifungsi untuk notifikasi yang lebih dinamis. 

“Kami merancang ruang baru ini menjadi sangat adaptif sehingga dapat berkembang dengan lancar ke berbagai bentuk menggunakan animasi dan transisi yang dibuat secara unik,” kata Alan Dye, VP Human Interface Apple dalam presentasi Apple Far Out. 

Notch ini diklaim berukuran 30% lebih kecil dari pendahulunya, yang menempatkan kamera TrueDepth. Bicara soal kamera, iPhone 14 Pro dan Pro Max mengusung Pro camera yang diperkuat dengan quad-pixel sensor ditambah resolusi utama 48MP.

Sensornya diperbesar 65% sehingga diklaim dapat menghasilkan gambar yang 2x lebih cerah dari pendahulunya. Selain itu, ponsel juga dibekali 12MP lensa telefoto dan 12MP lensa ultrawide. Resolusi yang besar ini memungkinkan reframe foto tanpa khawatir blur.

Dukung fotografi profesional, ProRAW juga hadir pada ponsel ini yang mendukung penuh resolusi 48MP. Untuk video, kamera dibekali Pro Res, Dolby Video, Cinematic Mode, Action Mode, dan kualitas 4K 24fps. 

Berbeda dengan iPhone 14 dan 14 Plus, model Pro ditenagai chipset terbaru Apple A16 Bionic. Chipset dengan proses 4nm ini dipadukan dengan 6 core CPU yang diklaim 16% lebih kencang dari pesaing dan 5 core GPU dengan 50% penyimpanan bandwidth lebih besar. 

Display engine dari A16 Bionic memungkinkan kecepatan refresh layar ponsel mencapai titik terendah, yakni 1Hz. Oleh karena itu, iPhone 14 Pro dan Pro Max hadir dengan dukungan Always-on-display, dengan puncak kecerahan 1600 nits dan 2000 nits di luar ruangan.

Harga dan ketersediaan

iPhone 14 Pro dan Pro Max hadir dalam empat varian warna, yaitu Space Black, Silver, Gold, dan Deep Purple. Ponsel masing-masing dibanderol USD999 (Rp14,8 juta) dan USD1099 (Rp16,3 juta) dengan dukungan memori penyimpanan hingga 1TB. Pre-order akan dibuka pada 9 September, sedangkan perangkat akan mulai tersedia pada 16 September.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.