Jakarta (ANTARA) –

Tim bola voli putri Jakarta BIN bertekad mengikuti jejak tim putra Jakarta STIN BIN yang debut manis dengan meraih kemenangan pada laga perdana PLN Mobile Proliga 2023.

 

Jakarta BIN akan mengawali perjalanan di kompetisi bola voli profesional paling bergengsi di Tanah Air ini menghadapi Jakarta Elektrik PLN di GOR Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

 

Motivasi tim putri binaan Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara (PORBIN) ini tinggi setelah pada sektor putra STIN BIN sukses mengawali Proliga 2023 dengan kemenangan atas Kudus Sukun Badak pada Kamis (5/1) lalu dengan skor 3-1 (25-22, 25-19, 21-25, 25-20).

 

 

Pevoli nasional berpengalaman seperti sang kapten Ratri Wulandari, Shintia Alliva Mauludina, Rika Novianti, Aulia Suci Nurfadila, Tisya Amalia, dan Alya Anastasya bertekad untuk bisa membawa Jakarta BIN sebagai kuda hitam

 

Jakarta BIN juga mendatangkan dua pemain asing asal China Jin Ye dan Chen Peiyan. Jin Ye yang menjadi outside hitter memiliki tinggi badan 187 cm dan mampu spike hingga 319 cm serta block 310 cm. Perempuan 27 tahun ini memegang gelar individu sebagai best opposite dalam gelaran Asian Championship 2017.

 

Sementara itu, Chen Peiyan yang menjadi opposite hitter berpostur tinggi 193 cm serta memiliki kemampuan spike sejauh 318 cm dan block 309 cm. Pevoli 23 tahun ini merupakan pemain tim nasional China yang pada ajang VNL 2022 turut mengantarkan negaranya menempati posisi keenam dalam klasemen.

 

 

Sejak November 2022 lalu, Jakarta Elektrik PLN telah mengumpulkan 14 pemain hasil seleksi dan melakukan pemusatan latihan di GOR Jakarta Elektrik PLN Cigelereng, Bandung, Jawa Barat.

 

Selain 14 pemain lokal, Jakarta Elektrik PLN juga merekrut dua pemain asing. Mereka adalah Katerina Zidkova asal Azerbaijan dan Vielka Peralta asal Republik Dominika.

 

Pada sektor putra, Jakarta STIN BIN juga akan melanjutkan perjalanan di Proliga 2023 berhadapan dengan Jakarta BNI 46, hari ini.

 

Pemain andalan seperti Farhan Halim, Dimas Saputra, dan M. Fikri Mustopa Kamal bakal berjuang untuk membuktikan sebagai tim debutan yang tak bisa diremehkan. Melengkapi kekuatan mereka juga ada dua pemain asing Isac Viana Santos dari Brazil dan Rozalin Penchev asal Bulgaria.

 

Isac Viana Santos merupakan pemain kawakan berusia 33 tahun dan termasuk bintang di tim nasional Brazil. Dengan postur tubuh 208 cm, Isac mampu spike hingga 340 cm serta block 306 cm. Sepanjang karier profesional di berbagai klub besar di berbagai negara, Isac telah mengukir 9 penghargaan individual, baik sebagai Best Middle Blocker maupun Best Spiker.

 

Sementara Rozalin Penchev yang lebih muda, berusia 29 tahun, juga tercatat sebagai best outside hitter pada Argentinian Liga A1 2017 serta best outside hitter pada Argentinian Cup 2017.

Pria dengan tinggi 202 cm, mampu melakukan spike hingga 363 cm serta block 340 cm. Sebelum bergabung menjadi atlet Jakarta STIN BIN, Rozalin Penchev juga telah melanglang ke sejumlah klub kuat di sejumlah negara, baik di Amerika Latin maupun Timur Tengah.

 

 

Berikut jadwal pertandingan PLN Mobile Proliga 2023, Sabtu (7/1/2023):

 

12:00 WIB: (Putri) – Jakarta Elektrik PLN vs Jakarta BIN

14:00 WIB: (Putra) – Kudus Sukun Badak vs Surabaya BIN Samator

16:00 WIB: (Putri) – Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia vs Jakarta Pertamina Fastron

18:30 WIB: (Putra) – Jakarta STIN BIN vs Jakarta BNI 46

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.