Merdeka.com – Sunscreen atau tabir matahari merupakan salah satu produk yang seharusnya digunakan setiap hari. Mungkin kamu masih bertanya-tanya atau bingung tentang manfaat dari produk ini. Padahal cuma lotion tubuh, tetapi kenapa wajib sekali diaplikasikan sepanjang hari?

Eits, jangan langsung berpikiran seperti itu dulu. Pasalnya, terdapat sejumlah alasan penting mengapa kamu perlu memakai sunscreen selama melakukan aktivitas sehari-harinya. Untuk bisa lebih paham, berikut penjelasannya.

1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

©Shutterstock

Tanpa disadari, ternyata paparan sinar matahari secara langsung dapat memberikan sejumlah efek buruk yang bikin lapisan kulit menjadi tak sehat dan kehilangan kelembabannya Adanya sinar UV pada matahari juga membuat kulit jadi cepat rusak dan bahkan mampu menimbulkan berbagai permasalahan yang cukup fatal. Saking berbahayanya, bagian tubuh ini sampai memerlukan perlindungan yang maksimal dan bisa diandalkan. Salah satunya tentu dengan menggunakan produk sunscreen ini.

2. Mencegah Penuaan Dini

jangan disepelekan ini 4 alasan mengapa sunscreen wajib dipakai setiap hari

©Shutterstock

Anjuran penggunaan sunscreen juga sangat tinggi guna mengurangi kerutan pada permukaan kulit wajah dan mencegahnya dari penuaan dini. Diketahui, bahwa paparan UV yang mengenai kulit dapat menjadi salah satu penyebab utama mengapa lapisan tubuh bisa mengalami penuaan dini. Oleh karena itu, kamu wajib mengaplikasikan tabir surya agar kulit bisa terhindar dari garis-garis halus serta flek hitam, yang merupakan tanda-tanda dari kondisi premature aging.

3. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

jangan disepelekan ini 4 alasan mengapa sunscreen wajib dipakai setiap hari

©Shutterstock

Fungsi selanjutnya yang bisa didapatkan dari rutin memakai sunscreen setiap hari adalah menurunnya risiko terkena kanker kulit. Seperti yang diketahui bahwa penyakit ini sangat berbahaya dan mampu mengancam keselamatan seseorang.

Untuk itu, agar tak memiliki kesempatan yang tinggi terkena kondisi ini, perlu banget untuk menggunakan tabir surya di seluruh tubuh secara merata. Jangan lupakan pula area-area penting seperti wajah, bibir, telinga, leher, lengan hingga tungkai. Sebab, berbagai tempat ini biasanya yang paling sering terkena paparan sinar matahari yang tak baik.

4. Mencegah Kulit Jadi Kusam

jangan disepelekan ini 4 alasan mengapa sunscreen wajib dipakai setiap hari

©Shutterstock

Salah satu dampak buruk dari paparan matahari secara langsung adalah kulit yang menjadi kusam. Nah, jika tak ingin mengalami hal seperti ini, maka pakailah produk tabir surya di setiap harinya. Kamu pun bisa banget memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan punya efek tone-up untuk kulit yang dimiliki. Alhasil, selain bisa aman seharian berada di bawah sinar matahari, kulit kamu pun bisa jadi lebih cerah dari sebelumnya.

Nah, itu tadi beberapa alasan penting mengapa penggunaan sunscreen atau tabir surya itu penting. Maka dari itu, jangan pernah malas dan selalu sempatkan waktu untuk memakai produk ini, ya.


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.