Jakarta: Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University memiliki beragam program studi, Salah satunya Program Studi (Prodi) Ilmu Manajemen (MAN) di Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM).
Ketua Prodi Ilmu Manajemen, Eko Ruddy Cahyadi, mengenalkan prodi Ilmu Manajamen di IPB.
 
Eko mengungkapkan Prodi MAN berdiri pada 2007 di bawah Departemen Manajemen yang merupakan rumpun ilmu monodisiplin di FEM IPB University. Prodi MAN merupakan salah satu prodi dengan minat tinggi dan setiap tahunnya menerima kurang lebih 90 sampai 100 mahasiswa baru.
 
“Prodi MAN menekankan dan berorientasi pada aspek sustainability. Sehingga, di samping topik-topik riset maupun mata kuliah yang diberikan, juga memberikan pengertian manajemen secara umum serta menekankan isu-isu berkelanjutan dan juga usaha kecil menengah,” ujar Eko dalam keterangan tertulis, Senin, 16 Januari 2023.
 
Dia menuturkan salah satu kelebihan Prodi MAN ialah mendesain kurikulum yang disiapkan untuk menjawab kebutuhan skill set abad 21. Termasuk, membuat lulusan memiliki critical thinking, creative thinking, problem solving, collaboration, communication, dan serangkaian soft skill yang diperlukan.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, dari sisi aspek hard skill lulusan diharapkan menguasai bidang manajemen. Saat ini, Prodi MAN memiliki tujuh bidang peminatan.
 
Yaitu operation and supply chain management, marketing management, finance management, human resources management, general management, management innovation and digital. Terakhir, management social security yang saat ini merupakan program kerja sama Double Degree dengan KU Leuven Belgia dari program beasiswa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.
 
Eko mengatakan peminatan general management ditujukan kepada calon mahasiswa yang pada waktu fase program sarjana memiliki keilmuan teknis di luar ilmu manajemen, seperti bidang pertanian, peternakan, dan lainnya. Dia menuturkan pada tingkat tertentu di tempat kerjanya, lulusan akan berada di level manajerial yang membutuhkan ilmu untuk bisa mengelola sebuah proyek, sumber daya manusia, keuangan, dan lainnya.
 
“Sehingga dibutuhkan sudut pandang lebih umum. Sedangkan, peminatan management innovation and digital ini untuk menjawab tantangan besar di Indonesia. Yakni komersialisasi inovasi dengan membuat temuan-temuan inovasi yang nantinya bisa diadopsi lebih luas di masyarakat,” tutur dia.
 
Saat ini, Prodi MAN sudah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan membuka pendaftaran mahasiswa baru SPs IPB University di semester ganjil serta membuka jalur penerimaan reguler dan kelas khusus.
 
“Saat ini kami baru membuka Program Magister. Rencana 2023 ini kita akan menyusun proposal dan mengembangkan program Doktor Prodi MAN, semoga diberikan kelancaran,” kata dia.
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.