Ilustrasi menyematkan cincin kawin. Foto: Iqbal Afrian/GenPI.co

GenPI.co – Cincin kawin tak hanya menjadi simbol ikatan dua insan manusia yang hendak menikah, tetapi juga lambang ikatan cinta sehidup semati. Oleh karenanya memilih cincin kawin pun tak bisa sembarangan.

Di bawah ini ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli cincin kawin dihimpun dari Livestrong. Apa saja?

1. Perhatikan Ukuran

Ukuran diameter cincin kawin berstandar internasional yang tentunya akan memudahkan Anda untuk membeli cincin pernikahan ini dimanapun membelinya. Jadi ukuran cincin itu sendiri adalah unsur penting yang harus Anda perhitungkan. 

BACA JUGA:  Bolehkah Pria Memakai Cincin Emas atau Perak? Berikut Menurut Kajian Islam

Apakah nantinya Anda akan menggemuk dan cincin Anda terasa tidak nyaman lagi adalah hal-hal yang akan terjadi terutama bagi mempelai pria. Cincin kawin bukan hanya sebuah aksesoris yang setiap saat bisa Anda kenakan dan lepaskan sesuai dengan keinginan Anda lho.

2. Pilih bahan dasar cincin

Kebanyakan pasangan memilih emas kuning atau emas putih sebagai bahan dasar cincin. Dengan kadar dan berat yang berbeda-beda tentunya.

BACA JUGA:  Lamaran Pernikahan Bakal Berkesan Seumur Hidup Jika Pakai Tips Berikut!

Akan tetapi masih ada beberapa logam yang juga kerap dijadikan bahan dasar cincin seperti perak, platinum, atau palladium. Pelajari kekurangan dan kelebihan masing-masing bahan sebelum Anda menentukan pilihan.

3. Desain dan model 

Salah satu model cincin pernikahan yang tak lekang oleh waktu adalah solitaire. Tak heran bentuk ini menjadi favorit begitu banyak pasangan dari waktu ke waktu.

BACA JUGA:  Jangan Terlalu Lama, Ini Waktu Ideal dari Lamaran ke Pernikahan

Bentuk cincin kawin bulat polos pun menjadi salah satu bentuk favorit karena mengandung filosofi terjalinnya kehidupan rumah tangga yang lancar tanpa suatu hambatan.(*) 

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.