Penyebab oli keluar dari knalpot mesin diesel ini cukup beragam sehingga perlu kamu ketahui agar meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi jika dibiarkan begitu saja.

Gangguan ini penting untuk diperhatikan mengingat knalpot merupakan komponen mesin yang bertindak sebagai jalur untuk mengeluarkan residu dari hasil pembakaran.

Oleh sebab itu, adanya oli yang keluar dari spare part tersebut tentu cukup abnormal sehingga membutuhkan perhatian lebih.

Namun apa sebenarnya penyebab oli keluar dari knalpot mesin diesel sehingga dapat dihindari dengan baik? Simak penjelasannya pada artikel ini!

Penyebab oli keluar dari knalpot mesin diesel

Setiap spare part mobil tentu seringkali tidak bisa dilepaskan dari adanya masalah yang mengganggu terlebih jika tidak pernah dilakukan perawatan sama sekali.

Salah satu gangguan yang kerap kali terjadi adalah pada bagian knalpot.

Terkadang, oli keluar dari knalpot mesin yang seharusnya menjadi jalur pembuangan bagi residu pembakaran di dalam mesin. 

Oleh sebab itu penting untuk mengetahui beberapa penyebab oli keluar dari knalpot mobil sehingga dapat kamu hindari agar meminimalisir terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan, diantaranya adalah:

1. Seal oli yang kaku

Salah satu dugaan mesin diesel keluar oli dari knalpot adalah kondisi seal oli yang sudah kaku atau retak karena usia pemakaiannya yang telah lewat. Hal ini umumnya akan menyebabkan terjadinya rembesan pada oli hingga kebagian knalpot.

Selain itu, pemasangan seal yang kurang tepat juga dapat menjadi penyebab oli keluar dari knalpot mesin diesel. Bahkan, kamu juga perlu memastikan seal dalam kondisi yang tidak penyok agar lingkaran sel pada oli tidak mengalami perubahan.

2. Oli yang berlebihan

Penyebab oli keluar dari knalpot mobil kedua kemungkinan karena kapasitas oli yang terlalu berlebihan di dalam mesin. 

Hal ini tentu akan merusak seal pada oli sehingga blok mesin akan mengalami kebocoran dan rembes hingga bagian knalpot. Jadi, pastikan untuk mengisi ulang oli sesuai dengan takaran yang telah direndahkan oleh pabrik.

3. Keaslian oli

Penyebab oli keluar dari knalpot mesin diesel lainnya yaitu adalah penggunaan oli yang tidak memiliki kualitas bagus atau bahkan palsu.

Sebab, oli palsu malah akan merusak setiap komponen yang dilewatinya hingga mudah mengalami korosi dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Gambar oli mobil

4. Adanya masalah pada kondisi busi

Hal lainnya yang perlu kamu perhatikan agar oli tidak keluar dari knalpot mesin diesel yaitu adalah menjaga kondisi busi.

Sebab, busi yang sudah tidak dalam kondisi bagus tidak akan membuat bahan yang dicampurkan malah tidak akan terbakar dengan baik sehingga oli dapat merembes ke bagian knalpot.

5. Kerusakan pada packing mesin

Masalah mesin diesel keluar oli dari knalpot juga kerap kali dapat terjadi karena adanya kerusakan pada bagian packing mesin sehingga dapat membuat celah di antara bagiannya. 

Kasus kerusakan ini seringkali terjadi pada mobil-mobil lawas.

Hal ini karena sudut-sudut sambungan di antara komponen luar seperti gearbox sudah tidak lagi presisi seiring dengan berjalannya waktu.

Adanya celah yang diciptakan pada retakan packing mesin ini menyebabkan oli dapat merembes dengan mudah dari sela-sela tersebut. 

6. Klep yang aus

Penyebab oli keluar dari knalpot mobil yang harus diwaspadai adalah bagian yang aus.

Apabila batang klep mengalami aus maka pemasangan klep juga tidak dapat dilakukan dengan baik karena akan mengalami kelonggaran.

Adanya celah longgar pada batang klep ini yang akan meningkatkan peluang oli untuk merembes keluar. Jadi, pastikan untuk menggantinya dengan yang baru jika komponen tersebut mengalami masalah.

7. Kerusakan pada blok mesin

Penyebab oli keluar dari knalpot mesin diesel terakhir yang mungkin terjadi adalah karena adanya kemungkinan kerusakan yang terjadi pada blok mesin.

Kerusakan pada blok mesin ini dapat berupa retak maupun aus karena adanya benturan yang keras ataupun penggunaan oli yang tidak sesuai dengan standar pabrik.

Sebab, apabila oli yang dipilih terlalu kental maka mesin akan menjadi sulit untuk bergerak sehingga performanya menurun.

Sedangkan, oli yang terlalu encer juga akan membuat mesin mengalami tekanan sehingga dapat menyebabkan blok mesin menjadi pecah.

Cara kerja mesin diesel

Penyebab oli keluar dari knalpot mesin diesel umumnya hanya dapat diketahui saat pemilik kendaraan mengerti cara kerja mesin diesel yang sesungguhnya.

Dimana, Cara kerja mesin diesel akan bekerja dengan 4 jenis tahapan dasar, diantaranya adalah:

1. Fase hisap

Cara kerja mesin diesel ini diawali dengan fase hisap yang menjadi tempat masuknya udara ke dalam ruang bakar melalui bagian katup. 

Pada fase inilah piston akan mulai bergerak dari Top Dead Center (TDC) ke bagian Bottom Dead Center (BDC) agar mampu untuk menghasilkan volume yang lebih besar dalam ruang silinder.

Jadi, udara akan dihisap dari luar ke dalam ruang silinder tanpa perlu menggunakan bahan bakar.

2. Fase kompresi

Setelah selesai pada fase hisap, maka mesin akan masuk ke dalam fase selanjutnya yaitu kompresi.

Pada fase ini terjadilah proses kompresi di dalam mesin diesel karena adanya pemampatan udara oleh piston yang bergerak dari TDC ke BDC.

Ruang silinder akan menyimpan udara tersebut dan postin selanjurka akan mulai melakukan kompresi udara hingga tekanan dan suhunya menjadi lebih tinggi.

3. Proses kerja

Suhu udara yang telah meningkat karena fase kompresi ini umumnya mencapai 5.500 derajat celcius dan selanjutnya komponen injektor akan langsung bekerja dengan menyemprotkan bahan bakar diesel agar mesin mobil dapat digerakkan.

4. Fase pembuangan

Setelah melalui semua fase kerja mesin diesel, maka langkah terakhir untuk menutupnya adalah fase pembuangan. Hasil pembakaran yang telah terjadi dari gas ini akan mengalir ke dalam ruang silinder. 

Di fase inilah posisi BDC ke TDC ini akan berperan untuk memacu gas agar dapat keluar lewat katup exhaust sehingga dapat menjadi tenaga gerak bagi mesin.

Tips dari Lifepal! Penyebab oli keluar dari knalpot mesin diesel ini cukup beragam sehingga perlu diketahui untuk meminimalisir adanya kerusakan pada mesin. 

Beberapa penyebab ini antara lain adalah kondisi seal oli yang kaku, oli berlebihan, kualitas oli, hingga adanya masalah pada busi, packing, klep dan juga blok mesin sehingga harus diberikan penanganan tambahan agar mesin dapat bekerja dengan lebih optimal.

Simak pula ulasan mengenai ciri ciri klep bocor pada mobil diesel dan juga cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Apa pentingnya asuransi mobil?

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan yaitu adalah asuransi mobil.

Sebab, asuransi mobil akan memberikan perlindungan berupa jaminan ganti rugi atas segala resiko yang mungkin terjadi pada kendaraanmu.

Resiko ini meliputi kerugian karena adanya kerusakan, kecelakaan, hingga kehilangan akibat tindak pencurian hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga jika dibutuhkan. 

Manfaat yang ditawarkan ini tentu akan membantumu dalam merencanakan keuangan dengan lebih baik, melindungi kondisi finansial sekaligus memberikan rasa aman dan tenang ketika berkendara.

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%! 

Pertanyaan seputar penyebab oli keluar dari knalpot mesin diesel

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.