Vikram Chandratrey, Marketing Head Oreo SEA & Indonesia dari Mondelez International (kanan)

Biskuit Oreo buatan Mondelez International terbilang kreatif dan  jeli melihat peluang bisnis. Kreativitas ditunjukkan dalam mengeloa brand  camilan itu dengan banyak inovasi  produk, kualitas dan pemasaran. Terobosan-terobosan terus digulirkan agar produknya tetap eksis dari waktu ke waktu atau pergantian generasi.

Misalnya baru-baru ini Oreo berkolaborasi dengan girlband asal Korea yang sedang naik daun yakni Blackpink. Produk biskusit lain di Indonesia belum ada yang pernah menggandeng band internasional untuk melakukan co-branding yang menghasilkan produk baru. Namun, Oreo memelopori dengan menghadirkan produk Oreo X Blackpink.

Bahkan, sebelum dengan Blackpink, Oreo sudah pernah berkolaborasi dengan nama besar di dunia entertainment, seperti Oreo  x Lady Gaga yang telah sukses berjalan di Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa pada tahun 2021. Melanjutkan kesuksesan kolaborasi tersebut, kali ini Oreo menggandeng Blackpink menghadirkan edisi eksklusif yang hanya dijual di pasar Asia.

Vikram Chandratrey, Marketing Head Oreo SEA & Indonesia dari Mondelez International menjelaskan tentang latar belakang kolaborasi Oreo X Blackpink ini. “Kami antusias menyambut K-Pop Blackpink sebagai Brand Ambassador Oreo di Asia,” ujarnya di Jakarta (06/01/2023). Kampanye ini akan menampilkan keceriaan para personil Blackpink yang terkenal kuat, penuh energi, dan percaya diri saat melakukan kegiatan seru ‘diputar, dijilat, dicelupin’ bersama Oreo yang merupakan biskuit favorit di setiap momen ngemil dan membuat tiap momen jadi seru untuk keluarga di Asia, termasuk Indonesia.

“Oreo bersama 4 member Blackpink yaitu Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa  menghadirkan biskuit Oreo X Blackpink edisi eksklusif, koleksi photocard dan video personalisasi Artificial Intelligence untuk menciptakan momen keseruan yang menyenangkan,” jelas Vikram.

Ke depan, kata Vikram, setelah kolaborasi dengan Blackpink, maka Oreo terbuka kerja sama dengan pihak lain. Dan alasan pemilihan Blackpink adalah karena prestasi K-pop ini nomor satu di industri entertainment internasional. Penggemarnya dari banyak negara di beberapa kalangan, mulai dari  generasi milenial dan Gen Z.

Vikram menjelaskan, Oreo adalah biskuit yang sudah ada di lebih  100 negara di seluruh dunia. Hingga kini, keberadaan biskuit legendaris ini sudah bersusia lebih dari  100 tahun dan merupakan biskuit yang paling banyak dijual di abad ke-21 dengan lebih dari U$2 miliar secara pendapatan global. Ritual diputar, dijilat, dan dicelup telah menjadi cara khas untuk menikmati biskuit ikonik untuk banyak budaya yang berbeda di dunia. Bahkan, Oreo  memiliki lebih dari 40 juta komunitas fans di Facebook pecinta, mewakili lebih dari 200 negara dan beragam bahasa yang berbeda. Di Indonesia, Oreo memiliki lebih dari delapa varian rasa. Menariknya, produksi Oreo  di Indonesia dan di 35 negara lainnya, diproduksi di pabrik Mondelēz Internasional di Cikarang, Jawa Barat.

Nycta Gina selaku moms influencer mengaku sebagai pecinta Oreo. Dia biasa ngemil Oreo sejak remaja dan kini diteruskan kepada dua buah hatinya. Baginya, Oreo merupakan biskuit favoritnya dan keluarga yang selalu jadi teman ngemil saat kumpul keluarga dari generasi ke generasi. “Sebagai pecinta Oreo, aku kagum dengan Oreo yang bisa menyelenggarakan kolaborasi epik ini dengan Blackpink,” ungkap wanita berhijab ini.

Vellanila, Perwakilan Blink dan Personil Pink Panda mengatakan sudah menjadi penggemar Blackpink sejak lama, karena grup band ini juga digandrungi banyak anak muda di dunia dan K-pop nomor satu. Dan  dia pun menyukai Oreo karena sering memberikan keseruan. “Ini adalah perpaduan dua brand besar: Oreo dan Blackpink yang menghadirkan biskuit Oreo Blackpink,” ujarnya.

Keseruan yang dihadirkan dari edisi eksklusif Oreo X Blackpink ini dapat menjadi memorabilia dari kolaborasi epik ini dengan detail sebagai berikut: pertama, kemasan regular Oreo diendorse oleh member Blackpink. Kedua, penggemar dapat mengumpulkan tanda tangan keempat member Blackpink yang terdapat pada bagian depan setiap kemasan roll selama periode kolaborasi berlangsung. Ketiga, Oreo Multipacks isi 6 – dilengkapi dengan kejutan koleksi photocard Blackpink. Varian Oreo Multipack dilengkapi dengan total 10 photocard berbeda. Setiap photocard menampilkan 2 potret masing-masing member Blackpink dan dua foto grup dari semua member.

Tak ketinggalan, ada video personalisasi dari setiap member Blackpink dengan membeli Oreo kemasan roll edisi eksklusif Blackpink. Konsumen dapat memindai kode QR yang tersedia pada kemasan atau mengunjungi laman web website, kemudian melakukan pendaftaran akun dan memindai barcode untuk dapat mengunduh wallpaper hgrup band asal Korea tersebut. Konsumen dapat dengan mudah membagikan video personalisasi tersebut di media sosial atau menyimpannya di perangkat masing-masing.

“Ada juga iklan Oreo terbaru yang akan kami luncurkan. Kami juga akan membagi-bagikan merchandise untuk konsumen. Pokoknya banyak keseruan yang terus kami hadirkan dan konsumen tunggu saja kejutannya. Oreo selalu menginspirasi keluarga di Indonesia,” tegas Vikram. Pemasaran produk regular Oreo dan Oreo X Blackpink ini ada di minimarket, supermarket, hypermarket serta platform e-commerce Oreo, Cadbury & Kraft Official Store.

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.