“Jumlah TPS Pemilu 2024 masih tetap sama dengan hasil pemetaan TPS sebelumnya sebanyak 586,”

Mukomuko  (ANTARA) РKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menetapkan sebanyak 586 tempat pemungutan suara (TPS) untuk pelaksanaan Pemilu 2024 usai melakukan pemetaan ulang TPS.

“Jumlah TPS Pemilu 2024 masih tetap sama dengan hasil pemetaan TPS sebelumnya sebanyak 586,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko Misbahul Amri di Mukomuko, Sabtu.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko sejak tanggal 6-10 Februari 2023 melakukan pemetaan ulang TPS untuk mengurangi jumlah TPS di daerah ini.

Menurutnya, jumlah TPS untuk Pemilu 2024 di daerah ini tidak bisa dikurangi karena faktor geografis di daerah ini.

Ia mengatakan, sebanyak 586 petugas pemutakhiran data pemilih melakukan pencocokan dan penelitian data mata pilih mulai tanggal 12 Februari hingga 14 Maret 2023 atau selama sebulan.

Ia menjelaskan, pantarlih melakukan coklit menggunakan aplikasi elektronik coklit, jadi tata cara pendataannya memakai handphone.

“Jadi Pemilu 2024 ini semua kegiatan serba daring, jadi pemantauan kerja kawan-kawan petugas pemutakhiran data pemilih bisa kelihatan, apakah mereka kerja di rumah atau di luar,” ujarnya.

Ia menyatakan, meskipun petugas yang melakukan coklit menggunakan handphone, namun petugas tetap bawa kertas untuk mencatat warga yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) luar daerah ini.

Selanjutnya, katanya, lembaganya menyampaikan warga yang memiliki KTP luar daerah ini kepada KPU di wilayah asalnya.

Ia mengatakan, kalau data yang digunakan data hasil sinkronisasi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4 ) dan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu terakhir yang dilakukan oleh KPU RI.

Ia menyebutkan, berdasarkan DP4 dan DPT Pemilu sebelum jumlah pemilih yang tersebar di 148 desa di daerah ini sebanyak 13.728 orang.

“Kalau melihat dari DPT Pemilu sebelumnya jumlah pemilih kita di Pemilu 2024 bertambah 11 ribu hingga 12 ribu.

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.