Jakarta: Warganet di sejumlah daerah meluapkan kegeramannya atas keputusan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menghentikan kompetisi Liga 2 dan 3 Musim 2022/2023. Mereka meluapkan kekecewaannya dengan menyerang akun twitter resmi PSSI.
 
Klub-klub Liga 2 dan 3 yang mayoritas tersebar di daerah-daerah pupus harapannya berkompetisi di kasta tertinggi kompetisi sepak bola nasional Liga 1. Pasalnya, otomatis kompetisi Liga 1 meniadakan sistem degradasi.
 
Komentar netizen di kolom komentar twitter PSSI mengenai pemberhentian liga 2, dinilai cukup mewakili sebagian besar pecinta sepak bola Indonesia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akun @wahyu_wibowo menanggapi soal pemberhentian liga 2 yang disebabkan oleh keinginan sebagian besar klub Liga 2 sendiri.
 
“Makin ngawur. Lanjutkan liga 2 dg klub yg masih mau berkompetisi, bikin kompetisi penuh, jika hanya ada 10 klub, akali dg home away 2x jd kuantitas & kualitas tetap terjaga baik. Klub yg ga mau, turunkan ke liga 3.” tulisnya, dikutip Sabtu, 14 Januari 2023.
 

Sementara itu, akun @fauzyazhaha dan @Andri-Fans48 menanggapi dengan memaparkan kemungkinan buruk apabila Liga 1 diadakan tanpa adanya degradasi. 
 
Bakalan terjadi kericuhan bila mana liga satu tanpa degradasi bakalan ada club yang gak berambisi menjual matchnya dan yang juara bakalan dianggap settingan, suporter bakal terjadi perpecahan dimana suporter kita udah banyak yang deklarasikan perdamaian ini malah mau dipecah.” ujar @fauzyazhaha.
 
“Udh gada gairah lagi buat nonton sepakbola Indonesia trus rawan match fixing main sabun untuk tim papan bawah dan tengah untuk memperlancar tim yang berada di jalur juara. Ah kok jadi gini?” tutur @Andri-Fans48
 
Dari akun @HudLatif yang menghubungkan tentang kualitas timnas yang baik itu berasal dari liga yang baik juga.
 
“Liga makin tidak kompetitif gini mau melahirkan pemain bagus untuk teamnasional mau siapapun pelatihnya jika kompetisi masih amatir dan gak becus yg urus y akan sama saja mash ingat juara liga kita harus kalah dengan salah satu wakil dari negara dbawah kita miris.” ungkapnya
 
Dari akun @PokoknyaItuDahh juga menghubungkan bahwa liga yang baik akan berimbas pada prestasi timnas, salah-satunya AFF.
 
Kayak gini tapi tiap AFF pasang target juara??? Kocak kocak. PEP GUARDIOLA JUGA MAU SAMPE GONDRONG DISURUH NGELATIH TIMNAS GAK BAKALAN BISA JUARA AFF KLO LIGA KITA DIURUS ORANG-ORANG MACAM KALIAN INI.” cuitnya.
 
Lanjutan kompetisi Liga 2 Indonesia 2022–2023 telah resmi dihentikan. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di GBK Arena, Kamis 12 Januari 2023.
 
Yunus Nusi selaku Sekretaris Jenderal PSSI menjelaskan bahwa keputusan untuk menghentikan Liga 2 muncul karena berbagai faktor, termasuk adanya permintaan dari sebagian besar klub peserta yang tidak ingin melanjutkan kompetisi. 
 
“Hal ini terjadi karena tidak ada kesesuaian konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antara klub dan operator serta pelaksanaan atau kelanjutan Liga 2 sangat sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 2023 dimulai pada 20 Mei 2023,” tulis poin pertama pernyataan Yunus di situs resmi PSSI.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

(WHS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.