SURYA.CO.ID – Ada banyak bacaan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang memiliki keutamaan istimewa, salah satunya adalah Sholawat Munjiyat.

Menurut sejarah, Sholawat Munjiyat berasal dari seorang ulama sufi bernama Syaikh Shalih Musa Adh-Dharir.

Dikatakan bahwa Sholawat Munjiyat menjadi amalan Syaikh Shalih Musa Adh-Dharir ketika menghadapi kesusahan atau kesulitan.

Simak bacaan atau lirik Sholawat Munjiyat latin dan artinya, serta keutamaan membacanya di artikel ini:

Lirik Sholawat Munjiyat

Melansir laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), berikut teks Sholawat Munjiyat:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi , menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati.”

Sejarah Sholawat Munjiyat

Mengutip Buku Rahasia Sehat Berkah Sholawat, menurut riwayatkan Ibn al-Fakihani sebutan Sholawat Munjiyat tak terlepas dari sejarahnya.

Suatu ketika Syaikh Shalih Musa Adh-Dharir, seorang ulama sufi dari tariqat Asy-Syadzili sedang melakukan perjalanan laut dengan sebuah kapal yang cukup besar.

Namun, saat berada di tengah-tengah perjalanan, muncul badai sehingga kapal terombang-ambing.

Syeikh Musa, sebagai orang yang dianggap alim, diminta penumpang untuk berdoa. Namun beliau tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Suasana makin kalut, tiba-tiba Syeikh Musa mengalami kantuk tak tertahan. Saat itu ia tertidur dan mimpi bertemu Rasulullah SAW. Dalam mimpi itu Rasulullah menyuruhnya membaca Sholawat Munjiyat sebanyak 1000 kali.

Baru membaca Sholawat Munjiyat 300 kali, badai berangsur-angsur berhenti.

Fadhilah Sholawat Munjiyat dipercaya dapat menjadi amalan agar keluar dari kesulitan dan kesusahan.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.