Para penari mulai berlatih menjelang pagelaran Sabang Merauke. (dok pribadi)

GenPI.co – Ratusan seniman dan puluhan musisi menjalani latihan jelang pementasan Pagelaran Sabang Merauke yang akan diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta pada Sabtu (12/11) dan Minggu (13/11).

Demi menyuguhkan aksi panggung spektakuler pada pementasan yang diprakarsai oleh iForte dan BCA ini, latihan disebar di dua tempat yakni Yogyakarta dan Jakarta mulai awal November.

Di Yogyakarta, tak kurang dari 144 penari profesional berlatih puluhan tarian daerah dan kontemporer. Ratusan penari ini berasal dari berbagai daerah seperti Surabaya, Yogyakarta, Bali hingga Papua.

BACA JUGA:  Hari Pahlawan, Pagelaran Sabang Merauke Kembali Digelar

Koregorafer Pagelaran Sabang Merauke, Sandhidea Cahyo Narpati mengatakan keterlibatan para penari daerah menjadi elemen penting guna menyajikan pertunjukan spektakuler di atas panggung.

“Kehadiran para penari daerah menjadi penting karena kita bisa sama-sama menggali lebih dalam kekentalan koreografi dan unsur – unsur ikonik di daerah tersebut yang bisa ditonjolkan lebih kuat lagi saat pementasan,” ujar Sandhidea di sela sesi latihan bersama para penari di Sleman, Yogyakarta, Jumat (4/11).

BACA JUGA:  Kasus Pembunuhan ASN Pemkot Semarang, Putri Almarhum Kirim Surat ke Jokowi

Sandhi mengatakan koreografi yang akan dipamerkan dalam pementasan nanti tak lepas dari ide besar merajut kebinekaan yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.

Diharapkan, selama satu jam pertunjukan, para penonton bisa semakin mengenal dan mencintai khazanah budaya peninggalan leluhur bangsa.

BACA JUGA:  Rekam Jejak Digital Selalu Ada di Media Sosial

“Kami juga berharap para penonton membawa pulang rasa bangga dan rasa ikut memiliki kekayaan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Ini menjadi tantangan besar, kami akan bekerja keras sehingga pesan tersebut bisa divisualisasikan dengan apik di atas panggung nanti,” imbuhnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.