Merdeka.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menjamin para aparatur sipil negara (ASN) atau PNS tidak akan terkena pengurangan pendapatan/gaji, dalam situasi apapun.

“Yang pasti adalah ASN honornya tetap. Iya, honornya tetap. Apakah negara ini sedang bangkrut, dunia ekonomi sedang melambat, kita ini fixed income,” seru Anas dalam Closing Ceremony ASN Culture Fest 2022 di The Westin Jakarta, Rabu (25/1).

Untuk itu, dia mengajak seluruh PNS bersyukur dengan pendapatan besar yang diterimanya sekarang. Dia juga mengajak para abdi negara untuk berkontribusi kepada masyarakat lewat perbaikan kinerja, sehingga bisa turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Kalau kita lihat, kesejahteraan PNS vs kesejahteraan masyarakat kita sebenarnya kita lebih tinggi di atas. Pendapatan per kapita kita dan rata-rata anggaran satu orang PNS per tahun lebih di atas dari pendapatan per kapita rakyat di Indonesia,” paparnya.

“Maka bersyukurlah teman-teman ASN yang fixed income ini. Maka kinerja kita mesti kita bangkitkan dalam rangka mendorong agar ekonomi kita ke depan bisa menjadi lebih terarah,” pinta Anas.

Soal ekonomi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap mengingatkan jajarannya bahwa ekonomi dunia dalam keadaan gelap. IMF dan Bank Dunia saja telah dua kali merevisi target pertumbuhan ekonomi global, sehingga menjadi di bawah 2 persen.

“Artinya dunia sedang amat sangat berat di 2023. Ekonomi dunia akan berat. Lebih dari 40 negara sudah di depan pintu IMF menjadi pasien. Di krisis 98 itu tidak lebih dari 10 negara. Artinya apa? ekonomi sangat berat,” tegasnya.

Namun, dia percaya Indonesia sudah melangkah lebih jauh, dan siap menjadi salah satu negara paling maju dunia di masa depan. “Kita lihat data di G20, hampir semua angkanya sangat-sangat menggembirakan. Ekonomi Indonesia juga diprediksi akan jadi nomor 4 terkuat dunia,” pungkas Anas.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Siap-Siap, Seleksi PPPK dan CPNS 2023 Dibuka di Pertengahan Tahun
Menpan Azwar Curhat Sering Ditanya Kapan Tukin Naik, Tapi Rapor PNS Masih Merah
Banyak PNS Dapat Rapor Merah Indeks BerAKHLAK, Menpan Azwar: Sudah Kita Duga
Kementerian PANRB Masih Siapkan Opsi Tentukan Nasib Honorer
Minta Kejelasan, Massa Perangkat Desa Indonesia Geruduk Gedung DPR RI
Masih Banyak PNS Punya Rapor Merah Indeks BerAKHLAK


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.