Kairo: Presiden Abdel Fattah al-Sisi menyerukan penguatan koordinasi Mesir dengan Tiongkok dalam urusan internasional dan regional. Ia juga mendorong peningkatan kerja sama Arab-Tiongkok dan Afrika-Tiongkok.
 
Seruan disampaikan Sisi dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Qin Gang di Kairo pada Minggu, 15 Januari.
 
Sisi meminta Qin menyampaikan salam tulusnya kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping, sekaligus mengucapkan selamat atas keberhasilan penyelenggaraan Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis Tiongkok pada Oktober tahun lalu.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tiongkok adalah negara hebat dan perkembangannya tidak dapat dihentikan,” kata Sisi. “Persahabatan antara Mesir dan Tiongkok secara historis tidak dapat dipatahkan,” sambungnya, dikutip dari laman Xinhua, Senin, 16 Januari 2023.
 
“Mesir akan terus berpegang teguh pada prinsip Satu Tiongkok, dan dengan tegas menentang segala campur tangan dalam urusan internal Tiongkok oleh kekuatan eksternal,” tegas Sisi.
 
Memuji hasil bermanfaat yang telah dicapai Mesir dan Tiongkok dalam memajukan Belt and Road Initiative (BRI), Sisi mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan Tiongkok dipersilakan untuk berinvestasi dan mendirikan bisnis di Mesir.
 
Mengingat pengoptimalan dan penyesuaian langkah-langkah pencegahan dan pengendalian Covid-19 oleh Tiongkok baru-baru ini, Mesir dengan hangat menyambut para pelancong Tiongkok untuk berkunjung sesegera mungkin.
 
Merespons sambutan hangat Sisi, Qin menyampaikan salam dan harapan terbaik dari Presiden Xi kepada Mesir. Ia mengatakan bahwa Tiongkok dan Mesir telah saling mendukung dan menjalin persahabatan mendalam demi mengejar pembangunan, mempromosikan perdamaian dan menjaga keadilan.
 
“Pemimpin kedua negara memiliki tingkat kepercayaan tinggi serta mempertahankan pertukaran yang erat, memberikan dorongan kuat untuk pengembangan kemitraan strategis komprehensif antara Tiongkok dan Mesir,” sebut Qin.
 
“Tiongkok sangat menghargai penegasan kembali Mesir untuk berpegang teguh pada prinsip Satu Tiongkok, dan juga mendukung Mesir dalam mengambil jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasionalnya sendiri serta menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunannya,” lanjut dia.
 
Qin berharap Mesir dan Tiongkok dapat menyelaraskan strategi pembangunan masing-masing negara, mempercepat pembangunan proyek kerja sama utama, dan mencapai lebih banyak hasil dalam pembangunan BRI serta implementasi hasil KTT Tiongkok-Negara-Negara Arab di Mesir.
 
Mengekspresikan dukungan Tiongkok terhadap peran positif Mesir dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah, Qin mengatakan bahwa Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Mesir untuk bersama-sama mempromosikan perdamaian dan stabilitas jangka panjang di kawasan serta mendorong penyelesaian isu Palestina.
 
Baca juga:  Tiongkok Tetap Dukung Palestina dan Solusi Dua Negara
 
Setelah bertemu Sisi, Qin mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry, di mana kedua belah pihak memuji peran teladan dan signifikansi strategis dari solidaritas dan kerja sama Tiongkok-Mesir.
 
Kedua menteri berjanji untuk bersama-sama mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh kedua kepala negara, terus meningkatkan hubungan bilateral, memperkuat koordinasi multilateral, bersama-sama menjaga norma-norma dasar hubungan internasional, dan membela keadilan internasional.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.