Merdeka.com – Sebuah unggahan dengan klaim minum air es dapat menyebabkan perut buncit beredar di media sosial. Salah satu pengguna Facebook menyebut sepuluh bahaya minum es yang diklaim jauh lebih berbahaya dari rokok, salah satunya ialah menyebabkan perut buncit.

Sementara itu, unggahan lain mengatakan minum es setelah makan dapat menyebabkan perut buncit karena lemak dan minyak yang dikonsumsi menggumpal akibat suhu dingin. Berikut narasi yang dibagikan.

Minum air es setelah makan dapat menyebabkan perut buncit?
Banyak orang memiliki kebiasaan minum air es atau minuman dingin lainnya setelah makan. Memang rasanya nikmat dan menyegarkan. Namun, kebiasaan ini jika sering dilakukan akan menyebabkan bentuk tubuh Anda berubah. Perut Anda akan semakin buncit. Mengapa?
Minum minuman dingin setelah makan dapat menyebabkan perut membuncit akibat timbunan lemak. Hal ini karena minyak dan lemak yang baru dimakan akan menggumpal akibat air yang dingin. Gumpalan akan menyebabkan proses pencernaan terhambat dan akan lebih cepat diserap oleh usus.
Karena itu, biasakan minum air pada suhu normal atau air hangat setelah makan.

Hoaks ini sudah lama bereda di media sosial. Hasil penelusuran menemukan narasi serupa pernah diunggah sejak 2015. Lantas benarkah minum es setelah makan dapat menyebabkan perut buncit?

Penelusuran

Klaim minum air es atau air dingin setelah makan dapat menyebabkan perut buncit adalah hoaks. Dilansir dari fk.ui.ac.id melalui wawancaranya bersama kompas.com, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Ari Fahrial Syam mengatakan es batu tidak mengandung kalori. Oleh karena itu, air es tidak dapat menyebabkan kegemukan dan perut buncit.

“Es batu tidak mengandung kalori. Mau mengonsumsi sebanyak apa pun tidak buat gemuk,” jelas Ari.

Konfirmasi lanjutan juga dilakukan dengan Staf pengajar di Prodi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Lily Arsanti Lestari. Ia juga menegaskan hal serupa bahwa tidak ada dampak tertentu yang disebabkan ketika minum air es setelah makan.

Ia menambahkan, beberapa hal yang menyebabkan perut buncit adalah makan terlalu larut atau terlambat. Hal ini disebabkan sistem pencernaan membutuhkan waktu untuk mengolah makanan yang masuk ke dalam perut.

Ketika makan terlalu larut, sistem pencernaan tidak bisa menyerap makanan dan mengubahnya menjadi energi secara maksimal sehingga sisa kalori akan bertumpuk di area perut dan membuat perut buncit semakin besar.

Kesimpulan

Klaim minum air es setelah makan dapat menyebabkan buncit adalah hoaks. Tidak ada bukti ilmiah mengenai klaim tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.facebook.com/fitria.hartati.735/videos/3631072110309987
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/11/19/220200682/-video-hoaks-minum-air-es-setelah-makan-bikin-perut-buncit
https://fk.ui.ac.id/infosehat/hoaks-minum-air-es-setelah-makan-bisa-bikin-perut-buncit/#:~:text=Arimengatakan%2Cklaimminumair,sekali%2Csehinggatidakmenyebabkankegemukan.

[lia]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.