Surabaya: Ada Empat nama tokoh diteriakkan ribuan relawan Presiden Joko Widodo pada gelaran Musyawarah Rakyat (Musra) XIII Jawa Timur (Jatim) di Grand City, Surabaya, Minggu, 15 Januari 2023. Acara itu digelar untuk mencari Presiden pengganti Jokowi pada Pilpres 2024.
 
Adapun keempat nama itu adalah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan,  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian yang juga Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
 
“Tapi kita pilih tiga nama yang sering menang atau paling banyak disuarakan, yakni Pak Prabowo, Ganjar, dan Pak Airlangga,” kata Ketua Panitia Nasional Musra, Panel Barus, di sela acara Musra XIII Jatim itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Panel menjelaskan, kegiatan musra di Jatim ini merupakan yang ke sekian kalinya, setelah digelar di beberapa Provinsi di Indonesia seperti Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ketiga nama tokoh yang paling banyak disuarakan itu, kata Panel, memang acap kali muncul pada 12 Musra sebelumnya.
 
“Tiga nama itu bergantian di setiap daerah, dan tiga nama itu yang nantinya kita rekomendasikan ke Pak Jokowi, siapa yang dikehendakinya,” ujarnya.
 

Nama Ganjar, lanjut Panel, menjadi teratas di tiga Musra. Begitu juga Airlangga yang namanya bersaing bahkan menempel di tiga Musra, dan nama Prabowo menang dua kali di dua Musra. Kemudian ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menang di Musra Pekanbaru. 
 
“Pak Jokowi menang dua kali di Musra Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT),” katanya.
 
Khusus Musra Jatim, memang nama Ganjar kerap disebut dan diteriakan relawan. Tapi, kata Panel, itu bukan jaminan menjadi teratas. Karena pihaknya masih akan mengumpulkan rekomendasi suara yang masuk.
 
Selain capres, Musra juga memunculkan nama Calon Wakil Presiden (Cawapres). Tiga nama yang kerap muncul antara lain, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Tapi saat Musra Jatim, nama Gubernur Khofifah Indar Parawansa dimunculkan. 
 
“Target selesai sebelum 20 Maret target 80 persen sudah selesai Musra. Ujungnya akan kami sampaikan ke Jokowi saat Musra terakhir di Jakarta. Meski ada hasilnya, nanti yang menyimpulkan rekomendasi sikap relawan ialah Jokowi,” jelasnya.
 

Di sisi lain, Relawan Presiden Joko Widodo secara tegas menolak wacana tiga periode hingga penundaan Pemilu 2024 mendatang. Alasannya, wacana tersebut bakal mencederai demokrasi dan melanggar konstitusi.
 
“Seperti yang sudah kami sampaikan ketika Projo menggelar konferensi pers pada 28 Desember 2022, bahwa Projo menolak wacana tiga periode dan penundaan pemilu 2024,” kata Panel.
 
Panel menegaskan alasan relawan Jokowi menolak wacana tiga periode hanya akan menjatuhkan nama Jokowi, yang sudah membangun sejumlah legacy selama dua periode ini.
 
“Kami melihat wacana itu justru menjerumuskan Jokowi. Kami tidak ingin legacy Jokowi musnah hanya karena rayuan gombal yang menyesatkan itu,” terang dia.
 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

(MEL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.