Jakarta: Sekjen PSSI Yunus Nusi menetapkan masing-masing tujuh anggota Komite Pemilihan (KP) dan empat anggota Komite Banding Pemilihan (KBP) dalam Kongres Biasa PSSI 2023. Mereka adalah orang-orang yang ditugaskan untuk menyelenggarakan pemilihan jajaran pengurus baru PSSI, termasuk Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco).
 
“Untuk anggota KP, yaitu Amir Burhanuddin, Sudarmadji, Ismu Duruhito, M Armisyam Latuconsina, Aulia Arief, Paska Sembiring dan Aditya Yando. Sementara itu, anggota KBP adalah Gusti Randa, Aven Hinelo, Diego Saputra dan Joko Tetuko,” ujar Yunus usai Kongres Biasa PSSI di The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu (15/1/2023).
 
Dengan demikian, dia melanjutkan, PSSI menyerahkan semua proses menuju pemilihan jajaran pengurus baru dalam Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari mendatang kepada KP dan KBP. Kemudian, Yunus juga memastikan semua anggota KP dan KBP tersebut netral dari kepentingan PSSI serta keluarga sepak bola (football family).





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oleh karena itulah, Ketua KP Amir Burhanuddin juga cuti sementara dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur dan mengenyampingkan status sebagai CEO klub Deltras FC sampai tugasnya sebagai KP tuntas.
 
“Semua telah menyatakan kesediaan untuk melepaskan diri dari kepentingan (terkait PSSI dan sepak bola),” tegas Yunus.
 
Sementara itu, Amir Burhanuddin mengingatkan bahwa tahapan pendaftaran bakal calon Exco PSSI 2023-2027, baik dicalonkan maupun pengajuan diri sendiri, akan berakhir pada Senin 16 Januari pukul 18.00 WIB. Hal itu dikatakannya sudah sesuai dengan sirkuler Sekjen PSSI kepada semua anggota PSSI pada 16 November 2022.
 
Dalam surat tersebut tertera bahwa Lembar Deklarasi Dukungan Bakal Calon Komite Eksekutif PSSI 2023-2027, Lembar Konfirmasi dan Surat Pernyataan serta Kriteria Wajib Bakal Calon Komite Eksekutif PSSI 2023-2027 serta Surat Pernyataan Integritas Bakal Calon Komite Eksekutif PSSI 2023-2027 diserahkan kepada PSSI paling lambat pada 16 Januari 2023 pukul 18.00 WIB.
 
“Setelah itu, kami akan mengumumkan siapa saja calon sementara atau bakal calon. Pengumuman itu bisa dilakukan pada Senin (16/1) malam atau Selasa (17/1),” tutur Amir.

 

(KAH)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.