Nasional

Cara Mengelola Sampah di Panti

Cara Mengelola Sampah di Panti

TERBAIK.CO.ID – Gerakan sadar lingkungan dilakukan Panti Asuhan Don Bosco. Penghuni tidak hanya diajari menghargai lingkungan. Tapi, juga mengolah berbagai limbah sampah menjadi barang menarik dan bisa difungsikan.

Puluhan hingga ratusan botol plastik tertata rapi. Jenis dan ukurannya dipilah. Begitu juga televisi dan blender. Meski sudah rusak, Alat tersebut sengaja tidak dibuang. Sebab, di tangan tim khusus, limbah elektronik itu bisa disulap menjadi barang yang menarik.

Misalnya, blender dibuat menjadi pot kembang. Sekilas orang tidak mengira itu blender. Begitu juga dengan limbah lainnya. Semuanya dibuat dengan nilai kreativitas dan seni yang tinggi. ”Hampir semua sampah dibuat barang yang unik,” kata Serikat Suster Puteri Kasih Yayasan Don Bosco Sr Anna Wiwiek Soepraptiwi.

Tim khusus dinamai green team dan sadar lingkungan (darling). Untuk green team, anggotanya petugas panti. Mereka memang ahli dalam daur ulang sampah. Jumlahnya ada lima orang. Termasuk di dalamnya ada perempuan.

Sementara itu, anggota tim darling adalah anak-anak. Jumlahnya lima orang. Mereka ditugasi untuk membantu green team. Waktunya hanya Sabtu. Sebab, sehari-hari harus bersekolah. ”Kalau Minggu libur, tidak ada aktivitas,” ucap Anna.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top