Kuningan: Jaringan Sandi Uno membantu masyarakat di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dalam mengembangkan kreativitas serta penciptaan lapangan kerja baru. Salah satunya yakni melalui handycraft dari eceng gondok.
 
Ketua Jaringan Sandi Uno Kabupaten Kuningan Yayan Sofyan mengatakan eceng gondok sering dianggap sebagai tumbuhan hama yang mengotori air kolam. Tanaman ini, kata dia, dapat disulap menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.
 
“Kami menggelar pelatihan handycraft dari eceng gondok, karena ini merupakan salah satu yang dianggap masyarakat sebagai sampah. Dengan demikian Aksi Jaringan Sandi Uno membuat ide bahwa sampah dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan income,” kata Yayan di Aula Serbaguna Desa Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Selasa, 24 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yayan menegaskan pelatihan ini dapat memotivasi masyarakat untuk menghasilkan pendapatan. Ia bersama pihaknya akan memberikan modal usaha hingga memasarkan ke daerah-daerah di Indonesia.
 
“Adanya pelatihan handycraft eceng gondok ini bisa memotivasi masyarakat untuk menambah pendapatan. Maka akan dilakukan pendampingan, pemasaran, perizinan, serta permodalannya,” jelas Yayan.

Para peserta tampak antusias mencoba membuat kreativitas dari eceng gondok. Dari setiap kelompok menghasilkan produk anyaman, berupa tas, topi, dompet, hingga kursi. 
 
Salah satu peserta pelatihan Iyan, 35, menjelaskan  program ini sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Pasalnya, pelatihan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Kuningan.
 
“Pelatihan ini sangat bermanfaat terutama untuk peluang usaha kita kedepannya, karena sebagai ibu rumah tangga membutuhkan pelatihan dan pendampingan wirausaha. Dorongan dari Pak Sandi (Menparekraf) dapat meningkatkan perekonomian rakyat,” ujar Iyan.
 
Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Rumah Pemenangan Sandi Uno dan UKAMSI (Urang Kuningan Milih Sandi). Mereka menilai program Menparekraf Sandiaga Uno dapat membuka peluang usaha di daerah.
 

(LDS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.