Kilas balik Deinze menjadi runner-up Divisi 2 Amatir Belgia 2014-15. Dipromosikan ke Divisi 1 Amatir Belgia sejak itu, yang kemudian mereka juarai pada gelaran 2019-20. Baru dua musim, klub ini berkiprah di Divisi B liga Belgia.  

Skuad Deinze memiliki tiga pilihan gelandang serang. Setelah Alessio Staelens dan Joachim Carcela-Gonzalez, Marcelino kini menghiasi persaingan di posisi sentral.

Sebenarnya di awal musim ini, Deinze menyediakan ruang playmaker bagi Achraf El Bouchataoui. Tapi usai skor kaca mata saat melawat ke kandang RSCA Futures, Achraf kehilangan tempatnya. Ia selanjutnya cuma sempat mencicipi empat pertandingan lain, tidak pernah lagi bermain penuh, bergerak di area berbeda: tiga kali gelandang bertahan dan sekali gelandang tengah. Selebihnya lenyap, dicadangkan atau bahkan hilang dari susunan pemain.

Bagaimana pilar tim nasional Indonesia akan merebut tempat utama di tim barunya dalam lanjutan laga musim ini? Isu krusial di posisi 11 pemain inti tentu menarik untuk dibahas secara mendalam.

Postingan klub, Kamis (2/2), mengabarkan pembaruan cedera Joachim Carcela yang diizinkan meninggalkan rumah sakit dan berlatih bersama tim lagi. Carcela mengantongi 17 laga di Challenger Pro League 2022-23 harus menjalani pemulihan kondisi dulu. Berarti Alessio Staelens menjadi satu-satunya andalan, 20 tampilannya musim ini.

Keputusan Deinze merekrut Marcelino cukup beralasan. Seorang gelandang serang inti mereka tengah cedera, stoknya tinggal satu.

Staelens tujuh kali bermain sebagai gelandang serang. Hasilnya tidak stabil, tiga menang dan empat kalah. Sebelum cedera, Carcela lebih piawai merancang serangan Deinze. Dipercayai sejak laga pekan kedua, rekornya lima kali berposisi sentral membawa tiga kemenangan dan dua imbang.

Labilnya Staelens ketika Carcela tidak fit membuat Deinze menggeser Liridon Balaj dari posisi aslinya sebagai gelandang kanan. Empat pertandingan jadi dirijen lapangan tengah, Balaj kurang memuaskan timnya: dua kali keunggulan dan dua pula ditaklukkan.

Peluang Marcelino kecil dimainkan sebagai Kartu As di pengujung musim reguler yang selesai pekan depan. Gelandang nomor punggung 27 lebih siap buat tampil di play-off nanti. Jadwal play-off itu juga belum pasti, kemungkinan antara akhir Februari-Maret-April mendatang.

Marc Grosjean ditunjuk sebagai manajer Deinze sejak 24 Oktober 2022 menatap proyek baru di lini kedua garis serangnya. Seiring Marcelino, empat pemain lain juga bergabung mulai Januari lalu: Théo Cenci gelandang tengah, Ayman Kassimi striker seken, dan duo striker Lennart Mertens dan Ilhan Fandi. Dua nama terakhir masih dibekap cedera.

Artinya Marcelino tidak sendirian. Kombinasi trio bersama dua pilar anyar Cenci-Kassimi bisa jadi kartu truf yang bila tiba saatnya akan dikeluarkan Grosjean ke tengah arena. Itu kalau kinerja Staelens, Carcela, Balaj, dan Achraf tidak cukup meyakinkan si bos baru.


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.