2 menit

Sehabis acara KTT G20, banyak negara tertarik untuk investasi di IKN, termasuk Jepang. Konon, pemerintahan Jepang bahkan berniat survey di Ibu Kota Negara akhir November!

Melansir dari bisnis.com, pemerintahan Jepang terlihat tertarik untuk melakukan kerja sama dengan Indonesia di Ibu Kota Negara.

Ketertarikan tersebut ditunjukkan dengan dibuatnya perjanjian kerja sama untuk memberikan tenaga ahli dalam proses pembangunannya.

Saking antusiasnya, bahkan negara matahari terbit ini berniat untuk melakukan survey di IKN yang akan dilakukan akhir November nanti!

Simak berita selengkapnya di bawah ini!

Pemerintahan Jepang Tertarik Kerja Sama di IKN

sumber: rri.co.id

Melansir dari bisnis.com, perjanjian kerja sama tenaga ahli telah dibuat dalam pertemuan bilateral antara Indonesia dan Jepang.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dengan Wakil Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang, Mizushima, serta Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji.

Ketiganya melakukan pertemuan tepat di sela-sela KTT G20, yakni pada Rabu (16/11/2022).

“Terima kasih kepada Pemerintah Jepang khususnya MLIT dan JICA yang telah membantu kami dengan mengirimkan beberapa tenaga ahli, terutama untuk supervisi pembangunan infrastruktur IKN yang sedang berlangsung,” kata Menteri Basuki, melansir dari bisnis.com (17/11/2022).

Sesuai dengan yang dijelaskan Menteri PUPR, pemerintahan Jepang dan JICA telah menyetujui untuk membantu pembangunan IKN.

Pembangunan IKN sendiri telah berjalan sejak awal September 2022 lalu, diawali oleh infrastruktur dasar seperti pembangunan jalan tol, jalan nasional, penyediaan air, dan rumah pekerja.

Telah Mengajukan Surat untuk Survey di IKN

pemerintahan jepang tertarik dengan ikn

sumber: headtopics.com

Tak hanya kerja sama tenaga ahli, Indonesia juga membolehkan investor asing untuk investasi dalam pembangunan IKN.

Menteri Basuki menjelaskan, investor asing bisa terlibat dalam pembangunan rumah sakit, sekolah, pasar, dan infrastruktur lainnya.

Dengan banyaknya pembangunan di IKN, Basuki berharap Jepang bisa ikut berinvestasi juga dalam beragam infrastruktur di Ibu Kota Negara.

“Diharapkan para pengusaha Jepang bisa ikut berinvestasi dalam pembangunan IKN,” ujarnya.

Harapan Basuki pun memiliki kemungkinan besar bisa terkabulkan karena antusiasnya pemerintahan Jepang dengan IKN.

Konon, Menteri MLIT Jepang dan JICA telah mengajukan surat pada Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, untuk melakukan survey di IKN pada akhir November.

“Melalui survei ini, kami ingin bertukar pendapat secara aktif dengan Indonesia terkait pembangunan kota berkelanjutan di IKN,” ujar Wakil Menteri Mizushima.

***

Semoga berita di atas bermanfaat, ya.

Follow Google News Berita 99.co Indonesia dan temukan ragam artikel terbaru.

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh berita menarik lainnya di Berita.99.co.

Sedang mencari hunian terbaik dengan harga terjangkau? Bisa jadi Alexandria Premiere Cimanggis adalah jawabannya.

Kunjungi laman www.99.co/id dan Rumah123.com untuk menemukan kumpulan tempat tinggal ideal.

Dapatkan pula promo dan diskon menggiurkan, karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Artikel ini bersumber dari berita.99.co.