Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA – Tahun 2023 mendatang, Pemkot Surabaya mencari 350 bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk mendapat beasiswa.

Mereka akan disekolahkan kembali untuk mendalami pendidikan sarjana khusus anak usia dini.

Saat ini, dukungan anggaran untuk beasiswa bunda PAUD ini tengah dibahas.

“Kami di DPRD Surabaya mendukung bunda PAUD untuk menyempurnakan pendidikan sarjana mereka. Kita akan upayakan dukungan anggaran untuk beasiswa S1 untuk 350 bunda PAUD,” kata Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah, Jumat (4/11/2022).

Semangat memperhatikan para bunda PAUD itu terintegrasi dengan concern DPRD memajukan sektor pendidikan di Kota Pahlawan.

Sektor ini melalui Dinas Pendidikan akan mendapat kucuran anggaran fantastik pada APBD 2023.

Dinas Pendidikan akan mendapat anggaran Rp 2,144 triliun.

Selain untuk beasiswa bunda PAUD, anggaran mencapai triliunan rupiah itu akan digunakan sejumlah program andalan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi lainnya, termasuk di dalamnya meningkatkan honor guru TPA/TPQ, sekolah minggu dan guru PAUD.

Tidak hanya itu, dari total rencana anggaran APBD 2023 yang mencapai Rp 11,2 triliun, sebanyak Rp 2,1 triliun itu untuk sektor pendidikan.

Di dalamnya juga untuk anggaran seragam sekolah gratis untuk siswa MBR (masyarakat berpenghasilan rendah).

“Pak Wali memang memberikan perhatian lebih pada dunia pendidikan di Kota Pahlawan. Anggaran besar ini untuk menyiapkan SDM Surabaya yang unggul, ulet dan siap bersaing di masa mendatang. Ini adalah investasi jangka panjang yang dilakukan dan harus kita beri dukungan,” kata politisi perempuan PDIP ini.

Dari anggaran Rp 2,1 triliun itu, lanjut Khusnul, untuk pendidikan dasar telah disiapkan sebesar Rp 267 miliar.

Anggaran tersebut termasuk di dalamnya untuk PTT (pegawai tidak tetap) GTT (guru tidak tetap), juga untuk belanja personal di 285 SD negeri dan 302 SD swasta.

Sedangkan untuk pendidikan menengah, kata Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini, telah disiapkan anggaran sebanyak Rp152 miliar.

Anggaran ini untuk 63 SMP negeri dan 209 SMP swasta.

Selain itu, kata Ning Kaka, sapaan akrab Khusnul Khotimah, guna pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan PAUD, Komisi D DPRD Surabaya mengusulkan pemberian beasiswa bagi Bunda PAUD tadi.

“Rencananya akan ada 350 Bunda PAUD yang menerima beasiswa. Anggarannya telah disiapkan sebesar Rp 4,136 miliar. Pemberian beasiswa ini adalah bentuk perhatian Pemkot Surabaya, agar para Bunda PAUD bisa lebih mengembangkan dirinya,” tandasnya.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.