Telset.id, Jakarta – WhatsApp mengumumkan fitur baru yang sangat berguna untuk berkomunikasi. Di awal tahun 2023, WhatsApp merilis fitur yang bisa dipakai pengguna untuk mengirim pesan tanpa jaringan internet.

Dikutip Telset dari blog resmi WhatsApp pada Jumat (06/01/2023), fitur ini didasari oleh fenomena dimana salah satu kesulitan pengguna WhatsApp, ketika mengirim pesan adalah jaringan internet yang acapkali mengalami gangguan sehingga sulit diakses.

“Kami menyadari ada banyak orang yang terus ditolak kemampuannya untuk menjangkau orang yang mereka cintai karena masalah internet,” tulis WhatsApp.

Oleh karenanya WhatsApp merilis fitur untuk mengirim pesan WhatsApp tanpa internet. Fitur ini hadir dengan teknologi server proxy yang dioperasikan oleh organisasi khusus yang bekerja sama dengan WhatsApp.

Server proxy ini sebagai pengganti internet, sehingga pengguna bisa mengirim pesan WhatsApp sama seperti ketika menggunakan jaringan internet.

“Anda dapat terhubung via aplikasi melalui server proxy yang disiapkan oleh sukarelawan dan organisasi khusus yang bertugas untuk membantu pengguna berkomunikasi dengan aman dan bebas,” sambung WhatsApp.

Walaupun menggunakan server proxy, WhatsApp menjamin kalau percakapan pengguna tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Sehingga privasi dan keamanan data pengguna bisa tetap terjaga.

BACA JUGA: 

Cara Kirim Pesan di WhatsApp Tanpa Internet 

Fitur kirim chat di WhatsApp tanpa internet ini, tersedia aplikasi WhatsApp terbaru yang ada di Android dan iOS. Pastikan untuk memperbarui aplikasi WhatsApp di smartphone Anda, dan berikut cara untuk mengirim pesan WhatsApp tanpa internet.

  • Pastikan Anda menggunakan versi terbaru WhatsApp.
  • Di tab Obrolan, tanda titik tiga di sebelah kanan dan klik Setelan atau Settings.

  • Berikutnya pilih opsi Penyimpanan dan Data atau Storage and Data.

Cara Kirim WhatsApp

  • Geser layar ke bawah dan klik Proxy. Dilanjut dengan User Proxy dengan menggeser ikon dari kiri ke kanan dan Setel Proxy atau Set Proxy.

Cara WhatsApp

  • Lalu tulis alamat proxy di kolom yang tersedia. Di blog resmi WhatsApp terdapat link yang menyediakan berbagai  alamat proxy yang diakses. Silakan klik link ini untuk mendapatkan berbagai alamat proxy. Terakhir ketuk Simpan atau Save.

Cara Mengirim Chat

  • Fitur kirim pesan WhatsApp tanpa internet telah aktif, dan Anda pun bisa mengirimkan chat seperti biasa.
  • Namun, jika Anda masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan WhatsApp menggunakan proxy, proxy tersebut mungkin telah diblokir. Coba lagi menggunakan alamat proxy yang berbeda. 

BACA JUGA: 

Demikian informasi mengenai cara kirim pesan WhatsApp tanpa internet. Semoga bermanfaat khususnya kegiatan komunikasi sehari-hari. [NM/HBS]

Artikel ini bersumber dari telset.id.