Kurangnya kesadaran perempuan membangun kepercayaan diri menjadi tantangan tersendiri untuk kemajuan karier mereka. Banyak cara dan teknik bagi para perempuan untuk membangun kepercayaan dirinya demi mendukung kegiatan sehari-hari.

Menurut Dessy Ilsanty, Psikolog Keluarga dan Pengembangan Diri, ada cara praktis untuk membangun kepercayaan diri pada seorang wanita, seperti power posing. “Power posing bisa dilihat sebagai tips praktis dalam membangun rasa percaya diri secara cepat. Belum tentu bertahan lama, tetapi paling tidak ketika seseorang butuh untuk memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi di saat tertentu, tips praktis ini bisa dengan mudah dilakukan,” saran Dessy.

Hal yang paling mudah dan sering orang lakukan adalah dengan mengangkat dagu/chin up. Ini dianjurkan dilakukan agar ia tampak sebagai orang yang percaya diri untuk tampil menghadapi orang lain. Lalu, berdiri tegak, punggung tidak membungkuk ketika duduk sekali pun. “Imbangi dengan komunikasi verbal yang menyampaikan pesan bahwa kita bukan sekedar orang yang punya power, tetapi juga sifat-sifat baik lainnya,” lanjut Dessy.

Power posing bisa menjadi alat komunikasi. Dengan melakukan power posing, kita seolah-olah ingin menyampaikan pesan bahwa kita punya power. Supaya tidak hanya power saja yang tersampaikan kepada orang lain, tampilkan komunikasi non verbal lainnya, seperti senyuman dan pandangan mata yang bersahabat.

“Afirmasi kemampuan dan kekuatan diri itu penting. Di budaya kita menunjukan kemampuan, kelebihan diri kerap dianggap sombong. Padahal ini penting dalam membangun kepercayaan diri, mulai dari sikap berdiri yang tegap, tatapan lurus dan bicara yang lebih tegas,” imbuhnya.

Tips memperbaiki sikap dan percayaan diri demi kesuksesan dalam karier dan bisnis ini dipaparkan Dessy dalam diskusi cantik yang digelar Wings Group Indonesia, melalui Wings Care dalampeluncuran Royale Parfum Series by SoKlin Hijab Blue Sapphire.

“Fresh Guard Formula di produk terbaru ini mampu menyimpan wangi hingga serat kain paling rapat. Wangi parfum dari hijab dan pakaian kita tentu akan meningkatkan percaya diri kita sepanjang hari. Ditambah dengan mempraktikan tips-tips power posing, maka akan terpancar dimensi Royale (bangsawan) yang elegan dan mempesona dalam diri para Royale Ladies,” ujar Catherine Florencia, Brand Manager Royale Parfum Series by SoKlin Hijab Blue Sapphire.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.