Jakarta: Indonesia membutuhkan setidaknya 240 ribu dokter spesialis. Namun, jumlah tersebut belum tercapai.
 
Bahkan, terjadi penurunan jumlah dokter spesialis setiap tahun. Jumlah dokter spesialis di Indonesia tak sampai separuh dari kebutuhan.
 
Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK UPH) membuka program studi baru untuk medorong upaya pemenuhan dokter spesialis. Prodi yang dibuka, yakni Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer (PPDS KKLP).





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pendaftaran telah dibuka bagi dokter umum yang telah bekerja minimal 1 tahun, memiliki SIP aktif, dan melaksanakan praktik kedokteran,” ujar Rektor UPH Jonathan L. Parapak dalam keterangan tertulis, Kamis, 26 Januari 2023.
 
Jonathan menyebut pembukaan PPDS KKLP juga menjadi salah satu wujud dukungan UPH terhadap upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dokter nasional yang telah dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) dan Kementerian Kesehatan pada bulan Juli 2022 silam. Ia menyebut PPDS KKLP akan membawa manfaat sangat besar bagi pelayanan kesehatan masyarakat secara menyeluruh.
 
“Di masa depan, dokter keluarga akan memegang peranan kunci di garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat. Melalui program ini, kami berharap dapat turut berkontribusi dalam mencetak dokter-dokter spesialis unggul dan kompeten bagi kemajuan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia,” papar dia.
 
Dokter keluarga merupakan bagian dari pelayanan kesehatan primer bagi pasien yang bertanggung jawab memberikan pembinaan berkelanjutan atau continuing care. Dokter pada spesialisasi ini turut memberikan diagnosis medis dan penanganan, dukungan, serta mengomunikasikan informasi tentang pencegahan, diagnostik, pengobatan, serta pendidikan kesehatan, deteksi dini penyakit, terapi preventif, dan perubahan perilaku kepada pasien.
 
Dekan FK UPH, Eka Julianta Wahjoepramono, menjelaskan lulusan PPDS KKLP akan mendapatkan gelar Dokter Sp KKLP dan akan berpraktik di fasilitas kesehatan primer sebagai dokter keluarga. Perkuliahan akan berlangsung selama 7 semester dan digelar di Kampus FK UPH Lippo Village, Karawang.  
 
“Sebagai institusi pendidikan yang juga terafiliasi dengan fasilitas kesehatan, kami menyadari penuh tingginya kebutuhan masyarakat akan layanan Dokter Spesialis KKLP. Kehadiran Dokter Spesialis KKLP kelak akan mentransformasi sistem dan kualitas layanan pendidikan serta memperkuat pelayanan pada fasilitas kesehatan primer,” ujar Eka.  
 
Eka menyebut FK UPH terus berinovasi dan menghadirkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. PPDS KKLP merupakan program pendidikan dokter spesialis kedua UPH selain PPDS Radiologi yang dibuka tahun lalu.
 
Pendaftaran PPPDS KKLP FKUPH sudah dibuka dan dapat mendaftar online melalui tautan berikut
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.