Peresmian Pembukaan Pabrik Piaggio di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Indonesia

Para pelaku industri otomotif optimistis terhadap iklim usaha yang kondusif di Indonesia. Hal tersebut ditandai terus meningkatnya investasi, baik untuk membangun pabrik maupun perluasan usaha. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh PT Piaggio Indonesia. Produsen sepeda motor vespa asal Italia tersebut kini telah resmi memiliki pabrik di Tanah Air.

Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian menyebutkan, peresmian dimulai sejak peletakan batu pertama yang saya lakukan pada 9 November 2021. “Dan hari ini kita menyaksikan fasilitas produksi telah memulai operasional komersialnya dengan kapasitas produksi awal 10.000 unit per tahun,” ujarnya saat peresmian pabrik PT Piaggio Indonesia sekaligus line-off produk pertama Vespa LX di Kawasan Industri Jababeka Cikarang, dikutip dari keterangan pers (24/11/2022).

Pabrik yang baru diresmikan oleh Piaggio Group berdiri di atas lahan seluas 6 hektare, dibangun dengan cukup cepat dan saat ini telah memasuki fase komersial. “Saya menyampaikan apresiasi atas investasi baru, pembukaan lapangan kerja, peningkatan produksi kendaraan roda dua, serta peningkatan nilai tambah di dalam negeri dengan pembukaan pabrik baru tersebut. Dengan peresmian pabrik dan line-off perdana ini menjadi tonggak baru dalam peningkatan kerja sama Indonesia dan Italia,” ujarnya.

Pendirian pabrik dan produksi Vespa yang dilakukan oleh Piaggio Indonesia merupakan salah satu contoh gambaran kondisi sektor industri yang saat ini optimistis dan terus berkembang. “Peresmian ini menjadi bukti bahwa industri terus berekspansi dan berkontribusi tehadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Untuk diketehui, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan optimisme serta perbaikan yang dapat dilihat dari pertumbuhan positif mencapai 5,72% pada Triwulan III – 2022. Sementara itu, industri manufaktur non-migas tumbuh 4,83% dan pertumbuhan industri transportasi mencapai 10,26% (yoy). Pertumbuhan industri transportasi tidak terlepas dari kontribusi sektor otomotif, khususnya sektor kendaraan roda dua yang telah mencapai penjualan domestik sebesar 4,1 juta unit dan ekspor sebesar 640 ribu unit pada periode Januari-Oktober 2022.

Kemenperin berkomitmen mendukung kesuksesan Piaggio Group di Indonesia, dukungan tersebut diberikan dalam bentuk tax allowance kepada perusahaan tersebut. Menperin meminta PT Piaggio Indonesia untuk mendorong peningkatan penggunaan komponen lokal, khususnya komponen produksi Industri Kecil Menengah (IKM). “Kami mengharapkan Piaggio Indonesia dapat mendukung IKM komponen masuk ke dalam global supply chain Piaggio serta mendukung peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” ujarnya.

Piaggio Indonesia akan untuk terus meningkatkan kapasitas produksinya, memperbanyak pengenalan line up kendaraan produksi dalam negeri, dan pada akhirnya menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan basis ekspor.

Halaman Selanjutnya

Dalam peresmian pabrik tersebut, Piaggio Indonesia juga mengenalkan…


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.