Jakarta: Polri belum bisa memastikan tidak menggunakan gas air mata saat pertandingan Liga 1 bila terjadi kerusuhan. Kelanjutan laga Liga 1 bakal diputuskan dalam waktu dekat.
 

“Kita masih melakukan konsolidasi dan bekerja untuk tim teknis, masalah penilaian risiko terkait dengan pelaksanaan pertandingan lanjutan,” kata Kepala Biro Pembinaan Operasi Staf Operasi (Karobinops Sops) Polri Brigjen Roma Hutajulu di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 29 November 2022.
 

Roma menjelaskan teknis itu seperti memastikan infrastruktur dan fasilitas stadion. Kemudian, sarana kesehatan di lokasi stadion, kontingensi plan atau rencana cadangan, manajemen, dan sebagainya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Itu merupakan aspek-aspek yang harus kita nilai dengan tim secara bersama-sama,” ujar jenderal bintang satu itu.
 
Polri menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Selasa siang, 29 November 2022. Roma mengatakan salah satu yang dilakukan dalam rapat adalah mengonsolidasikan Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.
 
“Saya dari staf operasi untuk melihat bagaimana mekanisme parpol itu dapat dilaksanakan sesuai dengan hal-hal yang diatur dalam tahapan itu. Akan kita coba konsolidasikan pada hari ini untuk kita laksanakan ke depan terkait dengan hal-hal yang perlu seperti, proses rekomendasi perizinan kemudian aspek penilaian risiko dan sebagainya” ungkap Roma.


Tim teknis Polri mulai memverifikasi pada Rabu, 30 November 2022. Salah satu yang diverifikasi adalah stadion dan fasilitas stadion yang akan digunakan. Setelah itu baru memberikan izin kelanjutan Liga 1.
 

Kompetisi sepak bola Indonesia masih dihentikan menyusul Tragedi Kanjuruhan. Kericuhan yang terjadi usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Jawa Timur yang menewaskan 135 orang pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022. Kerusuhan dipicu penembakan gas air mata oleh aparat kepolisian. 

Banyak klub yang mengeluhkan mengenai kelanjutan kompetisi belum ada kepastian. PT LIB berencana melanjutkan Liga 1 musim ini pada Jumat, 2 Desember 2022. Bahkan, jadwal laga lanjutan Liga 1 sudah dirilis di laman resmi PT LIB.

 

(AZF)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.