Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kembali melakukan kunjungan langsung ke lokasi posko siaga pasca gempa di Cianjur, Jawa Barat. Foto: dok. humas

GenPI.co – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kembali melakukan kunjungan langsung ke lokasi posko siaga pascagempa di Cianjur, Jawa Barat.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungan kali ini dilakukan untuk memastikan penyaluran logistik dan kebutuhan dasar warga terpenuhi.

“Saya juga ingin memastikan bahwa logistik di lapangan terdistribusi dengan baik. Makanan, obat-obatan, listrik, semuanya termasuk juga kekurangan tenda. Saya ingin pastikan itu semuanya segera terdistribusi,” ucap Jokowi di RSUD Sayang Cianjur, Kamis (24/11/2022).

BACA JUGA:  Menko Airlangga Hartarto Dukung PLN Serap Produk Dalam Negeri

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melaporkan bahwa PLN berhasil memulihkan seluruh sistem kelistrikan di Cianjur kurang dari 36 jam.

Dia menjelaskan di empat jam pertama pasca gempa, PLN memprioritaskan pemulihan listrik di RSUD Sayang, kantor pemerintah dan juga stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

BACA JUGA:  Garut Diguncang Gempa, PLN Pastikan Kelistrikan Aman

“Kami sudah berhasil menyalakan seluruh fasilitas umum, RSUD yang terpenting, dalam kurun waktu empat jam setelah kejadian. Saat ini kami pastikan 326 ribu warga Cianjur yang sempat padam listriknya karena gempa sudah kami pulihkan,” ujar Darmawan.

Darmawan mengatakan pihaknya memang memprioritaskan pemulihan RSUD dan fasilitas umum untuk memastikan proses evakuasi warga dan penanganan korban bisa berlangsung cepat.

BACA JUGA:  KTT G20 Bali Berlangsung dengan Lancar, Presiden Jokowi Angkat Jempol untuk PLN

“Kami kerahkan seluruh kekuatan dan peralatan. Prioritas kami RSUD dalam empat jam sudah menyala kembali, pompa bensin, gedung pemerintah. Evakuasi korban gempa tetap bisa berjalan karena aliran listrik aman,” tuturnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.