Prokes Bisa Antisipasi Penyebaran Varian Baru Covid-19, Kata PB IDI. Ilustrasi seorang wanita menggunakan masker di Iran. Foto: Reuters.

GenPI.co – Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengatakan bahwa protokol kesehatan (prokes) bisa mengantisipasi penyebaran varian baru covid-19.

Seperti diketahui, beberapa waktu belakangan muncul varian baru covid-19, seperti Omicron, XBB, dan XBC.

Kemunculan varian baru hasil mutasi virus itu membuat jumlah kasus covid-19 harian di beberapa wilayah mengalami peningkatan.

BACA JUGA:  Ibu Belum Vaksin Covid-19, ASI Bikin Gagal Ginjal Akut, Hoaks!

Ketua Satgas Covid-19 PB IDI DR dr Erlina Burhan, SpP(K) menegaskan varian baru covid-19 tetap bisa dihindari dengan mengikuti prokes, seperti vaksinasi, pemakaian masker, dan mencuci tangan.

“Penting juga untuk menutup mulut dan hidung dengan siku atau tisu saat batuk, melakukan isolasi mandiri jika hasil pemeriksaan covid-19 positif atau bergejala,” tuturnya, dilansir dari Antara, Jumat (4/11).

BACA JUGA:  Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Capai 4.873, DKI Jakarta Parah Banget

Terkait vaksin, dr. Erlina mengatakan pengembangan vaksin bivalen dapat dipertimbangkan, mengingat rekombinasi varian covid-19 dan XBC merupakan rekombinasi Delta dan Omicron BA.2.

“Pada kondisi tertentu terdapat risiko perburukkan klinis (Delta) dan peningkatan transmisi (Omicron BA.2),” ujar dia.

BACA JUGA:  Ada 2.717 Kasus Covid-19 di Indonesia, Terbanyak di DKI Jakarta dan Jawa Timur

Lebih lanjut, dr. Erlina juga memaparkan beberapa gejala dan derajat keparahan gejala dari varian XBB dan XBC yang menyebar di sejumlah negara termasuk Australia, Singapura, Inggris, hingga Filipina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.