Komitmen yang diperlihatkan Jokowi dalam merawat keberagaman Nusantara mendapatkan apresiasi budayawan. (foto: Ricardo/JPNN)

GenPI.co – Komitmen yang diperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam merawat keberagaman Nusantara mendapatkan apresiasi budayawan.

Hal itu terlihat saat Jokowi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) No. 114 Tahun 2022 tentang Strategi Kebudayaan dalam rangka menentukan arah kemajuan potensi dan kondisi kebudayaan nasional.

Perpres ini merupakan bentuk dorongan pemerintah pusat kepada setiap daerah untuk mengembangkan potensi kebudayaannya sendiri dan membangun sinergi kebudayaan antar warga masyarakat.

BACA JUGA:  DPR Harus Tolak Perppu Cipta Kerja yang Diteken Jokowi

Budayawan asal Mandailing Natal Askolani Nasution mengapresiasi Perpres tersebut untuk kemajuan dan keberagaman yang dimiliki oleh setiap daerah di Indonesia.

“Yang harus dilakukan pemerintah pusat itu mendorong daerah ini untuk kemajuan kebudayaan yang lebih nyata untuk daerah di situ. Jadi kalau pada prinsipnya yang Perpres itu memang dia sudah merupakan upaya kemajuan kebudayaan,” ujar Askolani dari rilis yang diterima GenPI.co, Jumat (6/1).

BACA JUGA:  Pengamat Politik Sanjung Kinerja Jokowi yang Bikin Masyarakat Puas

Menurutnya, lewat Perpres itu Jokowi dinilai berhasil merawat kebudayaan yang ada di Nusantara.

Pasalnya, beragam kekayaan budaya di Tanah Air menjadi salah satu perhatian utama pemerintahan Jokowi.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Terbitkan Perppu Cipta Kerja, AHY Nyatakan Tegas

Lanjut Askolani, komitmen Jokowi dalam memajukan budaya Nusantara perlu didukung oleh semua pihak. Dia menyarankan adannya aturan turunan yang lebih jelas dalam menunjang sarana dan prasarana penunjang terselenggaranya aktivitas kebudayaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.