SURYA.CO.ID – Berencana menuju ke pusat Kota Surabaya hari ini, Minggu (6/11/2022)? Simak panduan rekayasa lalu lintas saat gelaran Parade Surabaya Juang berikut.

Seperti diberitakan sebelumnya, gelaran Parade Surabaya Juang kembali digelar tahun ini untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November mendatang.

Surabaya sebagai Kota Pahlawan, pun menyambut peringatan tahunan itu secara spesial lantaran memiliki sejarah kuat sebagai kota di mana para pahlawan berasal dan gugur.

Baca juga: Ayo Saksikan Parade Surabaya Juang, Ada Banyak Teatrikal Hingga Aksi Cak Eri Menunggang Kuda

Salah satu acara yang digelar yakni, Parade Surabaya Juang.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas pada pelaksanaan Parade Surabaya Juang.

Sub Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kota Surabaya, Soe Priyo Utomo mengatakan, rekayasa lalu lintas dilakukan mulai kawasan Monumen Tugu Pahlawan hingga kawasan Balai Kota Surabaya.

“Jalan Veteran dan Jalan Kramat Gantung ditutup sebagai kawasan persiapan Parade Surabaya Juang. Sedangkan dari Jalan Veteran dan Jalan Pahlawan sisi selatan masih bisa dilewati oleh kendaraan,” kata Priyo, Sabtu (5/11/2022). 

Menjelang kegiatan Parade Surabaya Juang 2022, kawasan di sekitar Monumen Tugu Pahlawan akan dilakukan penutupan total. Pengendara dari Jalan Veteran bisa menuju ke arah Jalan Indrapura atau ke Jalan Semut.

Kemudian, arus lalu lintas dari Jalan Veteran menuju Jalan Pahlawan dialihkan ke arah Jalan Kebon Rojo dan Jalan Semut.

“Menuju ke kawasan Jalan Praban dan Jalan Tunjungan ditutup, mulai Jalan Blauran bisa menuju ke arah Jalan Bubutan,” ungkap Priyo. 

“Lalu Jalan Genteng Kali menuju Siola di alihkan ke Jalan Undaan. Sedangkan arus lalu lintas dari Jalan Jagalan menuju Jalan Pasar Besar dialihkan ke Jalan Peneleh dan Jalan Sulung,” imbuhnya.

Dari arah selatan, arus lalu lintas dari Jalan Basuki Rahmat menuju Jalan Jalan Gubernur Suryo dialihkan ke Jalan Embong Malang. Kemudian, arus lalu lintas dari Jalan Pemuda menuju ke Jalan Yos Sudarso dialihkan ke Jalan Panglima Sudirman.

Jalan Bubutan dan Jalan Tembaan dialihkan ke Jalan Indrapura dan Jalan Semut. Untuk di kawasan menuju ke Balai Kota dari arah Jalan Walikota Mustajab dialihkan ke Jalan Jaksa Agung Suprapto sisi barat.

“Kemudian, arus lalu lintas dari Jalan Ambengan menuju ke Jalan Jaksa Agung Suprapto dialihkan ke Jalan Ambengan sisi timur, Jalan Wijaya Kusuma, dan Jalan Kusuma Bangsa,” terang dia.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.