Dalam rangka Hari Guru Nasional, berikut Tek.id bagikan rekomendasi fitur-fitur di Telegram yang bermanfaat untuk guru dan pelajar.

Pandemi telah memaksa guru serta muridnya beradaptasi dengan cara belajar baru yang serba online. Meskipun sekarang sudah diterapkan belajar hybrid (online+offline), namun penggunaan teknologi selama pembatasan sosial Covid-19 kala itu terus digunakan hingga saat ini.

Guru, dosen, dan pelajar mengintegrasikan teknologi dalam proses belajar mengajar mereka untuk mengelola bahan belajar, meningkatkan produktivitas, dan memastikan pemahaman yang lebih baik antar murid. Dan Telegram menjadi salah satu alat penyokong kegiatan tersebut.

Telegram memiliki beberapa fitur yang memungkinkan otomatisasi, manajemen tugas, dan interaksi yang lancar dalam membantu kegiatan belajar mengajar guru dan pelajar. Fitur ini antara lain pengatur pengingat, bot file converter, transkrip audio, dan kelas online.

Bot file converter mungkin merupakan salah satu fitur yang paling penting bagi pelajar maupun guru. Lewat chat bot ini, pengguna dapat mengubah file apapun ke jenis yang diinginkan, misalnya file PDF menjadi Word. Untuk menggunakan bot, Sahabat Tek bisa melihat tutorial di bawah ini.

Selain itu, fitur pengatur pengingat memungkinkan pelajar memasang pengingat waktu untuk mengumpulkan tugas. Caranya dengan menulis pesan di Saved Messages, kemudian tahan lama pada tombol kirim. Dari situ, akan muncul opsi pengatur pengingat.

Fitur lainnya yang akan sangat membantu proses memahami materi adalah transkrip audio. Pengguna Telegram Premium dapat langsung mengonversi pesan audio/video menjadi tulisan melalui fitur voice-to-text. Pelajar dan guru juga dapat menggunakan fitur video chat untuk kelas online yang dapat direkam dan nantinya bisa diunggah untuk dikonversi.

Terakhir, Telegram juga menawarkan kursus kelas online bagi mereka yang tertarik dengan Data Scientist atau Programmer. @Learn menyediakan kelas online dengan kursus pengantar Phyton. 

“Manfaatkan Telegram untuk membantu semua kebutuhan belajar kamu; baik itu belajar mandiri dan proses revisi, kerja kelompok, atau bahkan untuk aktivitas grup angkatan. Manfaatkan waktumu dan buat kegiatan belajar menjadi semenyenangkan mungkin!” tulis Telegram dalam rilis yang Tek.id terima (25/11).


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.