Untuk pemilik mobil Toyota, melakukan cat ulang mobil sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan. Sebab, mobilmu hanya direkomendasikan untuk menggunakan merk cat mobil Toyota.

Sebenarnya tidak masalah jika ingin menggunakan cat merek lain. Hanya saja, cat merek lain belum terjamin kompatibilitasnya dengan body mobil Toyota.

Sedangkan, kalau memakai cat milik Toyota, hasilnya lebih terjamin awet serta aman untuk jangka panjang. Lantas, apa saja merk cat original Toyota?

Rekomendasi merk cat mobil Toyota terbaik

Ada beberapa merek cat mobil terbaik yang bisa digunakan untuk pemilik mobil Toyota. Berikut ini daftar merk cat original Toyota terbaik.

1. Nippon Paint Nippe 2000

Rekomendasi yang pertama ada Nippon Paint Nippe 2000, yaitu jenis cat mobil keluaran Nippon Paint. Cat ini merupakan cat berjenis lacquer auto refinish yang berbasis nitroselulosa.

Artinya, cat Nippon Paint Nippe 2000 memiliki keunggulan dalam kecepatan pengeringan setelah mobil dicat. Selain itu, jenis cat ini juga memberikan hasil akhir yang memiliki daya kilap lebih tinggi serta lebih awet.

Produk cat ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu berkisar antara Rp30 ribu sampai dengan Rp90 ribu saja.

2. Goldschmied

Goldschmied merupakan merek cat mobil Toyota yang terkenal memiliki daya kilap tinggi. Cat merek ini termasuk salah satu merek cat yang paling umum dijual dan paling dikenal sebagai cat berkualitas oleh teknisi bengkel.

Merek ini juga diklaim tahan banting atau tahan terhadap goresan, sehingga body mobil tidak mudah tergores atau terbaret. Cat merek Goldschmied ini dijual dengan harga mulai dari Rp220 ribu sampai Rp350 ribu. 

3. Rust-Oleum Auto Body Paint

Rust-Oleum Auto Body Paint adalah merek cat yang memiliki daya rekat kuat. Sehingga, ketika cat ini diaplikasikan ke permukaan body mobil, cat bisa menempel dengan lebih mudah dan cepat. 

Hasil akhir dari pemakaian cat Rust-Oleum Auto Body Paint adalah bentuk cat yang berwarna glossy. Cat ini bisa dibeli dengan harga Rp291,5 ribu untuk kemasan berukuran 388 g/l. 

4. Rubber Spray

Rubber Spray merupakan cat mobil dengan pilihan warna yang sangat beragam. Bahkan, warna-warna tak biasa pun bisa ditemukan pada merek Rubber Spray ini.

Misalnya, Rubber Spray menyediakan opsi warna black matte, pristine white, blue, green, dan lain sebagainya. Warna-warna cerah pun bisa ditemukan pada merek Rubber Spray.

Rubber Spray juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Untuk kemasan Rubber Spray berukuran 400ml, kamu cuma perlu mengeluarkan biaya Rp39 ribu sampai dengan Rp79 ribu.

5. Penta Supergloss

Rekomendasi merk cat original Toyota yang berikutnya adalah Penta Supergloss. Penta Supergloss menggunakan bahan dasar yang dicampurkan dengan resin, nitrocellulose dan alkyd. 

Dengan campuran tersebut, cat dari Penta Supergloss diklaim mampu memberikan warna yang tak mudah pudar dan cepat kering. Harga satu kemasan Penta Supergloss berkisar antara Rp40 ribu sampai Rp80 ribu.

Jenis bahan dasar cat mobil Toyota yang perlu diketahui

Tidak setiap merek cat menggunakan bahan dasar yang sama. Pada dasarnya, cat yang digunakan untuk mobil Toyota bisa terbuat dari tiga jenis bahan dasar, yaitu: 

1. Polyurethane

Polyurethane merupakan jenis cat yang cukup berkualitas, namun harganya juga cukup tinggi bila dibandingkan dengan cat mobil jenis lain.

Cat dengan bahan dasar Polyurethane tidak bisa diaplikasikan begitu saja pada mobil. Untuk menggunakan cat jenis ini, mobilmu harus melalui proses cat oven mobil.

Di antara jenis cat lain, cat berbahan Polyurethane dikenal memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dan tidak mudah tergores. Hanya saja, cat jenis ini tergolong lebih sulit untuk kering. 

Itulah sebabnya,  Polyurethane hanya bisa digunakan pada metode cat oven mobil, sebab cat oven memungkinkan Polyurethane agar lebih cepat kering.

2. Lacquer

Jenis yang kedua adalah Lacquer, yaitu jenis cat mobil dengan harga paling murah dibandingkan dengan jenis cat lain. Harganya yang murah menjadi salah satu kelebihan dari cat jenis ini.

Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa cat Lacquer memiliki sejumlah kekurangan, salah satunya adalah warna cat yang mudah berubah menjadi kusam dalam waktu singkat alias tidak awet.

Diperkirakan, cat berjenis Lacquer hanya mampu bertahan selama 1-2 tahun saja. Setelah itu, maka perlu dilakukan cat ulang untuk memperbaiki warnanya.

3. Nitro Cellulose

Cat jenis Nitrocellulose lebih sering digunakan pada mobil berjenis truk, pick up, dan mobil-mobil angkutan besar lainnya. Jarang sekali cat Nitrocellulose dipakai pada mobil biasa.

Salah satu kelebihan dari cat Nitrocellulose adalah proses pengeringannya yang sangat cepat. Sehingga, saat mengecat dengan Nitrocellulose, tidak diperlukan waktu lama. 

Banyak bengkel umum yang menyediakan cat jenis Nitrocellulose dan boleh digunakan oleh pemilik mobil biasa. 

Hanya saja, karena aslinya diformulasikan untuk angkutan besar, maka pilihan warna dari cat ini tidak terlalu beragam. Selain itu, hasil akhirnya pun tidak terlalu glossy.

Tips memilih merk cat mobil terbaik untuk mobil Toyota 

Dari banyaknya pilihan merek cat mobil Toyota, mana yang sebaiknya dipilih untuk mobilmu? Coba simak tips berikut agar kamu lebih mudah dalam memilih jenis cat.

1. Pilih cat yang warnanya sesuai dengan warna sebelumnya

Untuk menghindari cat terlihat belang, pilihlah cat dengan warna yang sama seperti warna sebelumnya. Selain itu, dengan memilih cat berwarna sama, kamu bisa mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan klaim dari cat yang digunakan.

Misalnya, kalau mobilmu memiliki cat berwarna hitam, lalu dicat ulang dengan cat warna putih, tentu hasil akhirnya tidak akan maksimal.

Warna putih yang dihasilkan tidak seperti warna putih yang seharusnya, karena sudah tercampur dengan latar hitam yang menjadi warna dasar mobil.

2. Pilih merek cat yang sudah terkenal

Ada banyak sekali merek cat mobil yang bisa dipilih untuk mengecat ulang mobil. Supaya hasil akhirnya lebih terjamin, pilihlah cat yang sudah dikenal banyak orang.

Karena, cat yang sudah populer pasti sudah banyak digunakan orang, sehingga ada lebih banyak testimoni mengenai merek cat tersebut yang bisa kamu baca sebagai bahan pertimbangan. 

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan pihak bengkel mengenai pemilihan merek cat yang paling berkualitas dan terkenal.

3. Gunakan clear coat berjenis high solid

Setelah dicat, biasanya body mobil akan dilapisi lagi dengan lapisan coating untuk memaksimalkan hasil akhir. Clear coat ini berfungsi sebagai pelindung cat. 

Ketika memilih clear coat, sebaiknya pilih clear coat yang berjenis high solid. Sebab, meskipun durasi keringnya lebih lama, tapi clear coat jenis ini bisa memberikan hasil kilau yang lebih maksimal dan awet.

Haruskah pakai merk cat original Toyota? 

Kalau kamu punya mobil Toyota, kamu bebas memilih cat yang diinginkan. Pihak Toyota juga tidak akan melarang kamu untuk menggunakan cat mobil yang bukan merek original Toyota.

Hanya saja, merk cat original Toyota sudah pasti terjamin kualitasnya, bisa memberikan hasil akhir yang maksimal serta lebih tahan lama. 

Kekurangannya, merek original Toyota cenderung lebih sulit untuk ditemukan. Biasanya, merek original ini hanya tersedia di bengkel resmi seperti di Auto2000, namun tidak banyak dijual di bengkel umum.

Tips dari Lifepal! Merek cat original Toyota juga bisa saja memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan merek biasa. Tapi, harga ini sebanding dengan kualitasnya.

Kamu bisa berkonsultasi dengan pihak bengkel untuk menentukan jenis atau merek cat yang paling sesuai dengan kondisi mobilmu.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar merk cat mobil Toyota 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.